Selasa, 31 Maret 2020 - 23:44 WIB

Status 30 ODR, Pemdes Kebomlati Galang Disinfektan

Tuban – Pemerintah Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban meningkatan kewaspadaan atas pencegahan penyebaran Covid – 19 dengan melaksanakan Disinfektan di lingkungan desanya, Senin (30/3), pagi.

Sejak pagi warga perwakilan dari setiap dusun ikut bergotong royong melaksanakan kegiatan tersebut. Puluhan alat semprot disinfektan dan beberapa obat juga sudah disiapkan sebelumnya. 2 buah kendaraan bak terbuka diisi dengan sound system untuk memberikan pengarahan dan himbauan kepada masyarakat agar waspada dengan virus corona. Sebab, bahaya yang diakibatkan tidak langsung dirasakan, melainkan membutuhkan waktu inkubasi virus.

Terkadang waktu inkubasi virus tersebut jarang disadari masyarakat. Sehingga penyebarannya perlu diantisipasi sejak dini. Maka dari itu, pihak Pemerintah Desa aktif melaksanakan arahan untuk pencegahan musibah nasional itu. Sehingga dikeluarkan Perkades No 01 tahun 2020 tentang pedoman umum tanggap darurat pengurangan resiko bencana pencegahan covid 19.

Pelaksanaannya dilakukan disinfektan di 21 Musolla, 3 Masjid, 4 Tempat Pengajian Quran (TPQ), 6 Sekolah, 1 Balai desa. Setiap titik lokasi atau lingkungan memperoleh 2 botol paket obat disinfektan atau 6 tangki semprot ukiran 16 Liter. Tenaga relawan juga dikerahkan untuk memeperluas area disinfektan hingga di jalan desa dan rumah warga.

“Sosialisasi penyemprotan memakai kendaraan. Sekaligus kita turunkan relawan dan warga untuk aktif menyemprotkan disinfektan. Serentak hari ini dilakukan, jadi menyeluruh di setiap lingkungan, ” terang Kepala Desa Kebomlati, Munijan.

Sementara itu, sesuai data pasien yang sùdah didata dan dilaporkan, ada 30 Orang Dalam Resiko (ODR). Orang ini masuk dalam kategori ODR sebab sepulang dari kota zona merah atau wilayah kabupaten dengan status pasien corona aktif. Sehingga perku diawasi dan didata agar pencegahannya mudah dilakukan dan diawasi.

“ODR ini adalah pasien yang datang ke desa setelah pulang dari zona merah. Seperti Surabaya, Jakarta, Malang, solo, dan kota lainnya. Maka kami data dan kami laporkan ke Puskesmas untuk ditindak lanjuti. Memang ada 1 warga yang dalam pengawasan, mahasiswa yang pulang dari luar negeri. Sudah di lakukan karantina di Batam, dan dinyatakan Negatif, sehat dan aman. Disini tetap diawasi, ” jelas Bidan Desa Kebomlati, Narti.

Akan hal itu, Sekretaris Kecamatan Plumpang, Jusuf Hernowo juga menjelaskan bahwa kegiatan Disinfektan di seluruh desa di wikayahnya sudah usai dilakukan. Ada 18 desa semua sudah melaksanakam kegiatan. Dilakukan sejak sepekan lalu hingga hari ini selesai.

“Setiap desa kita periksa, dampingi dan didata. Terkait proses penyemprotan, data pasien atau warga yang diawasi hingga penyebaran himbauan untuk menjauhi kerumanan warga, ” ungkapnya. (jat)

Artikel ini telah dibaca 533 kali

loading...
Baca Lainnya

Menyonsong Era Kenormalan Baru, Dishub Dan Satlantas Polres Tuban Siapkan Mantap Bersatu

Tuban – Pemkab Tuban melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban berkolaborasi dengan Satlantas Polres Tuban membuat...

5 Juni 2020, 21:09 WIB

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

loading...