Pemdes Soso, Manfaatkan Dana Desa Untuk Bedah Rumah Warga Miskin

  • Whatsapp
Salah satu rumah warga miskin yang mendapat bantuan bedah rumah dari dana desa Pemdes Soso dan dikerjakan bersama warga sekitarnya. (Foto : istimewa)

Blitar.deliknews – Pemerintah Desa (Pemdes) Soso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, mengalokasikan sebagian Dana Desa (DD) tahun 2019 untuk membedah sejumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Hal ini diungkap Dwiono selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Soso bersama Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Didik Agung Susila di kediamanya Sabtu (11/1/2020).

Muat Lebih

Dwiono mengatakan, bahwa program tersebut merupakan program untuk peningkatan kuwalitas rumah layak huni bagi keluarga miskin atau kurang mampu.

Harapanya, dengan dana desa ini masyarakat dapat merasa terbantu dan juga sebagai bentuk kepedulian Pemdes kepada warga.

Selain itu, menurut Sekdes Dwiono bedah rumah tersebut sesuai amanat yang ada pada petunjuk teknis (Juknis) dana desa yang sebagian diperuntukan untuk pemberdayaan dan pembangunan dalam hal infrastruktur permukiman.

“Berdasarkan hasil musyawarah, dana desa Pemerintah Desa Soso memang sebagian untuk kegiatan bedah RTLH sebanyak 7 titik dan itu diperbolehkan,” tuturnya.

Tambah dia, bahwa setiap rumah yang sudah di bedah masing – masing mendapat anggaran sebesar 15 juta. Adapun lokasinya, berada di Dukuh Soso dan Maguan.

“1 titik berada di Dusun Soso dan 6 titik berada di Dusun Maguan” jletreh orang nomer dua di Pemdes Soso itu.

Sementara itu, Ketua TPK Desa Soso, Didik Agung Susila mewakili warga yang mendapat bantuan tersebut merasa senang serta mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemdes Soso yang sudah memberikan program bedah rumah melalui dana desa.

“Sehingga di tahun 2020 ini juga kita rencanakan lagi. mungkin akan kita tingkatkan jumlahnya,” kata Didik. (jun)

Pos terkait