Jumat, 13 Desember 2019 - 12:05 WIB

167 Kades Dilantik, Bupati Blitar: Perbedaan Bukan Musuh

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM melantik 167 kepala desa terpilih masa jabatan 2019 – 2025, di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Jumat (13/12/2019).

Dalam kesempatannya ia mengatakan, jabatan Kepala Desa merupakan amanah. Untuk itu, dalam melaksanakan amanah harus penuh rasa tanggungjawab demi kemajuan desanya.

Rijanto juga menuturkan, proses pemilihan kepala desa dari awal sampai pelaksanaan pemilihan yakni pada tanggal 15 Oktober 2019 tentu diwarnai dengan banyaknya perbedaan pilihan dan berharap perbedaan itu tidak membuat jarak permusuhan antara pendukung satu dengan yang lain.

“Untuk kades yang baru saja dilantik secara sah menjabat kepala desa, saya harap harus mampu menyatukan semua perbedaan. Sehingga bisa membangun desa bersama-sama agar menjadi lebih baik,” tuturnya.

Bupati Blitar juga berpesan, kepala desa yang baru saja dilantik memiliki kewenangan, hak, fungsi, tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

Terkait hal itu, kepala desa harus segera melakukan konsolidasi dengan seluruh elemen, menyatukan komitmen guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, dituntut untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang memuat visi dan misi Kepala desa dengan mengacu pada RPJMD Kabupaten Blitar untuk mewujudkan Visi Bupati/Wakil Bupati Blitar, Menuju Kabupaten Lebih Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada seluruh kepala desa yang baru saja dilantik untuk memastikan masyarakat mendapat pelayanan yang terbaik, mempersingkat prosedur birokrasi, bersikap ramah, dan terbuka. Juga secara profesional dan inovatif memantapkan program kegiatan dengan tepat sasaran dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat.

Terakhir, Bupati Blitar menyampaikan rasa terima kasih kepada kades periode 2013-2019 atas pengabdiannya dan juga kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan penyelenggaraan Pilkades Serentak di Kabupaten Blitar Tahun 2019 mulai tahap awal sampai pelantikan. (Jun)

Artikel ini telah dibaca 8710 kali

loading...
Baca Lainnya

Menyonsong Era Kenormalan Baru, Dishub Dan Satlantas Polres Tuban Siapkan Mantap Bersatu

Tuban – Pemkab Tuban melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban berkolaborasi dengan Satlantas Polres Tuban membuat...

5 Juni 2020, 21:09 WIB

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

loading...