Senin, 11 November 2019 - 17:02 WIB

Bupati Blitar Gelar Jamasan Gong Kyai Pradah, Wisatawan Ngalap Berkah

Blitar.deliknews – Jamasan Gong Kiai Pradah atau Siraman Kiai Pradah merupakan bentuk perayaan tradisional di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut yakni, memandikan benda pusaka berupa sebuah gong dengan menggunakan air kembang setaman dan digelar setiap bulan Mulud yang bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi ini selalu menjadi daya tarik wisatawan, utamanya masyarakat. Mereka berbondong – bondong mengikuti ritual siraman ini dengan berbagai tujuan, antara lain, murni untuk berwisata maupun ‘ngalap berkah’ bagi masyarakat yang mempercayainya.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM didampingi Wakil Bupati Blitar, Marhaenis UW, S.Sos, Plt. Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso M.Pd, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Blitar dan dilaksanakan di Alon – alon Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Menurut Bupati Rijanto, tujuan kegiatan ini diadakan sebagai bentuk ‘nguri – nguri budaya’, yakni untuk mengenalkan tradisi kepada generasi muda sekaligus melestarikannya dan mensejahterakan masyarakat.

“Mereka memiliki kepercayaan kalau datang dan saat siraman mendapatkan air dari bekas Siraman Gong Kyai Pradah akan mendapatkan berkah,” ungkapnya Senin (11/11/2019).

Bupati juga menuturkan, jamasan Kiai Pradah berkaitan erat dengan cerita sejarah Kiai Pradah yang sebelumnya mendapat gelar Kiai Bicak. Kisah ini konon terjadi pada sekitar abad ke-17.

Lalu, tradisi Siraman Gong Kiai Pradah ini juga ditetapkan menjadi satu di antara Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan RI.

“Mudah – mudahan kegiatan seperti ini dapat memberikan efek bagi ekonomi kecil yang memanfaatkan moment tersebut. Selain itu, Kedepan, pagelaran ini bisa kita kembangkan menjadi destinasi wisata dan dapat menjadi unggulan yang mampu menyuplai nilai pendapatan daerah,” ujar Bupati kepada awak media.(hms).

Artikel ini telah dibaca 376 kali

loading...
Baca Lainnya

Melek Anggaran: FITRA Jatim Selenggarakan Sekolah Politik Anggaran

SURABAYA – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur menyelenggarakan sekolah politik anggaran selama...

7 Desember 2019, 15:39 WIB

Pendiri Kabar Makassar Tidak Peduli Rating

TUBAN – Exxon Mobil bekerja sama dengan Tempo Institute menggelar acara Cangkruk Mathuk di Grand...

6 Desember 2019, 20:33 WIB

Setiajit Sidak Lokasi Proyek Kilang Minyak GRR Tuban

TUBAN – Untuk memastikan proyek kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban berjalan lancar, Kepala...

6 Desember 2019, 19:13 WIB

Slogan “DJP Kuat Indonesia Maju” Jadi Pelopor Anti Korupsi

Tuban – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban memperingati hari Anti Korupsi Sedunia ( Hakorda...

6 Desember 2019, 13:05 WIB

Izin Lengkap, 8 Pengusaha Tempat Hiburan Karaoke Minta Buka Segel

Blitar – Demi kejelasan berusaha, delapan para pengelola tempat hiburan karaoke yang ada di Kota...

6 Desember 2019, 09:36 WIB

Bobol Kartu Kredit Milik Warga Asing, 18 Pemuda Diamankan Tim Siber Polda Jatim

SURABAYA – Kesigapan tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim Yang berhasil menangkap belasan pemuda dalam kasus...

4 Desember 2019, 16:51 WIB

loading...