Selasa, 29 Oktober 2019 - 07:33 WIB

Di Hari Sumpah Pemuda Ke-91, Capaian Rekor MURI Digelar Dengan Jaranan Trail

Blitar.deliknews – Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 91, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar gelar seni kolosal jaranan trail yang dilaksanakan di Aloon-aloon Kanigoro, Kantor Bupati Bllitar.

Tarian jaranan trail tersebut bentuk partisipasi pelestarian budaya yang dibawakan sebanyak 2.019 pemuda millennial se-Kabupaten Blitar dari berbagai unsur yakni pelajar, mahasiswa dan budayawan.

Dalam kesempatanya, Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM selain memberikan apresiasi yang luar biasa juga ikut menari barongan bersama Forkompinda dan Jajaran Pemkab Blitar lainnya.

Kedepan, ia juga berharap setiap tahunnya akan diadakan semacam itu guna melestarikan dan mengembangkan budaya yang ada. Mengingat, jaranan trail sendiri merupakan jaranan khas Blitar.

“Tahun depan kita semarakan lagi. Tentunya dengan ditambah kreasi yang lebih banyak lagi,” ujarnya usai acara tersebut, senin (28/10/2019) kemarin.

Tarian tersebut merupakan puncak dari peringatan sumpah pemuda yang diselenggarakan Pemkab Blitar, namun sebelumnya juga diadakan upacara bendera yang dipimpin oleh Bupati Blitar dan diikuti ratusan pelajar dan karyawan/karyawati pemkab Blitar dengan kompak mengenakan pakaian tradisional.

Bupati Rijanto saat memimpin upacara mengatakan, Dengan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa

“Untuk itu, menjadi pemuda Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” urai Bupati dalam sambutannya.

Di akhir upacara, sebagai bentuk apresiasi bagi pemuda, Bupati juga memberikan penghargaan kepada para pemuda berprestasi tingkat nasional dari berbagai bidang termasuk bidang olahraga pada Proprov ke- 6 kemarin serta untuk duta pemuda delegasi Jambore Pemuda Provinsi Jatim.(hms)

Artikel ini telah dibaca 8711 kali

loading...
Baca Lainnya

Menyonsong Era Kenormalan Baru, Dishub Dan Satlantas Polres Tuban Siapkan Mantap Bersatu

Tuban – Pemkab Tuban melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban berkolaborasi dengan Satlantas Polres Tuban membuat...

5 Juni 2020, 21:09 WIB

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

loading...