Kamis, 10 Oktober 2019 - 18:01 WIB

Hindari Politik Uang, Bupati Blitar Ajak Deklarasi Damai

Blitar.deliknews – Terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal digelar 15 Oktober 2019 mendatang perlu adanya gerakan moral. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar Deklarasi Damai yang melibatkan 518 calon kepala desa, Desk Pilkades dan Forkompinda Kabupaten Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja, Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Kamis (10/10/2019).

Dekalrasi Damai ini merupakan sebuah upaya Pemkab Blitar dalam mewujudkan Pilkades serentak yang aman, tertib, damai, jujur, adil beradab dan bermartabat serta tanpa politik uang.

Intinya, menurut Bupati Blitar, H. Rijanto usai pagelaran mengatakan, dalam deklarasi tersebut, seluruh bakal calon berjanji untuk mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. saling menghormati antar calon, menerima dan mendukung siapa pun yang terpilih, serta menerima dan menghormati keputusan panitia pemilihan kepala desa.

“Pilkades tanpa politik uang merupakan gerakan moral dan bentuk iktiar, yang tentunya harus mendapatkan dukungan dari semua elemen masyarakat,” tutur Bupati Rijanto.

Bupati berharap, supaya gerakan ini diniati dengan benar – benar niat yang baik dan gerakan moral yang didukung profesional dan netralitaa panitia pilkades akan melahirkan Kepala desa yang berkualitas dan dalam bahasa jawa pemimpin pinunjul budine luhur atau punya kelebihan perilakunya baik.

Selain itu, bagi calon yang menemukan lawan pihaknya melanggar aturan seperti politik uang, Bupati berharap untuk tidak main hakim sendiri, cukup melaporkan dan menyerahkan bukti yang kuat kepada panitia pemilihan kepala desa.

“Dengan menyerahkan bukti yang kuat, nantinya panitia akan memutuskan pada sidang pleno penetapan bakal calon kepala desa terpilih,” tuturnya.

Sekedar diketahui, usai pembacaan Ikrar Deklarasi Damai diteruskan dengan penandatanganan deklarasi tersebut oleh Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Forkompinda dan diikuti perwakilan calon kepala desa dari masing – masing kecamatan.(hms)

Artikel ini telah dibaca 851 kali

loading...
Baca Lainnya

Melek Anggaran: FITRA Jatim Selenggarakan Sekolah Politik Anggaran

SURABAYA – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur menyelenggarakan sekolah politik anggaran selama...

7 Desember 2019, 15:39 WIB

Pendiri Kabar Makassar Tidak Peduli Rating

TUBAN – Exxon Mobil bekerja sama dengan Tempo Institute menggelar acara Cangkruk Mathuk di Grand...

6 Desember 2019, 20:33 WIB

Setiajit Sidak Lokasi Proyek Kilang Minyak GRR Tuban

TUBAN – Untuk memastikan proyek kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban berjalan lancar, Kepala...

6 Desember 2019, 19:13 WIB

Slogan “DJP Kuat Indonesia Maju” Jadi Pelopor Anti Korupsi

Tuban – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban memperingati hari Anti Korupsi Sedunia ( Hakorda...

6 Desember 2019, 13:05 WIB

Izin Lengkap, 8 Pengusaha Tempat Hiburan Karaoke Minta Buka Segel

Blitar – Demi kejelasan berusaha, delapan para pengelola tempat hiburan karaoke yang ada di Kota...

6 Desember 2019, 09:36 WIB

Bobol Kartu Kredit Milik Warga Asing, 18 Pemuda Diamankan Tim Siber Polda Jatim

SURABAYA – Kesigapan tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim Yang berhasil menangkap belasan pemuda dalam kasus...

4 Desember 2019, 16:51 WIB

loading...