Kamis, 10 Oktober 2019 - 12:26 WIB

H-6 Pilkades Serentak, Pemkab Blitar Gelar Rapat Bersama Desk Pilkades

Blitar.deliknews – Guna pastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019 ini berjalan lancar, aman dan damai, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar gelar rapat diskusi tematik bersama Legistif serta unsur TNI dan Polri.

Rapat ini dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Blitar. Adapun sebagai narasumber Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar Totok Subihandono, Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, Kabagops Polres Blitar Kota AKP Hari Sutrisno, dan rangkaian diskusi dipandu oleh Sekretaris dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Blitar Izul Marom.

Dalam kesempatanya, Totok Subihandodo mengatakan bahwa Pemungutan suara Pilkades Serentak Kabupaten Blitar, terhitung kurang tujuh hari lagi pada 15 Oktober mendatang. Sejauh ini rangkaian proses telah dilalui dengan baik dan dipastikan di pencoblosan nanti juga berjalan lancar.

“Saat ini sudah mencapai tahapan packing surat suara, lalu akan segera di distribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing – masing desa sebanyak 167 desa,” ungkap Ketua Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pilkades Kabupaten Blitar itu.

Totok juga memaparkan, ada 518 calon kepala desa yang telah ditetapkan sebagai peserta di tahab I dari 163 desa dan tahab II dari 4 desa dikarenakan masa habis jabatan 22 maret 2020, segingga atas rekomendasi Mentri Dalam Negeri (Mendagri) diperbolehkan mengikuti Pilkades serentak tahun ini.

“Namun ada 2 desa yakni Desa Tlogo dan Karangrejo yang masih meneruskan jabatannya dan tidak mengikuti Pilkades serentak tahun ini,” Ungkap dia, Rabu (9/10/2019) pada saat pemaparan.

Sementara untuk pengadaan Logistik Pilkades seperti cetak undangan, kotak suara, bilik suara, bener pengumuman plano dan surat suara, sudah sampai penandatangan surat suara dan setting packing. Sedangkan pendistribusian logistik akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Oktober 2019.

Untuk evaluasi tahapan pemungutan suara dan monitoring akan dilaksanakan H-1 dan hari H tanggal 15 Oktober 2019. “Untuk Korwil yang dipusatkan di lantai 1 kantor Bupati Blitar di Kanigoro akan bertugas memantau pelaksanaan di hari H-1 sampai H+1 bersama Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” papar Totok.

Terakhir, untuk pencairan honorarium Desk Pilkades, Panitia Pilkades, KPPS dan Pantarlih akan direalisasikan secara bertahab dengan mekanisne tunai dan non tunai.

“Untuk pencaiaran honorarium Panitia Pilkades dilaksanakan secara non tunai. Sedangkan honorarium KPPS dan Pantarlih diharapkan dapat diberikan secara tunai dengan diatur sesuai Satuan Anggaran Belanja (SAB) Kabupaten Blitar,” jelasnya.(hms).

Artikel ini telah dibaca 842 kali

loading...
Baca Lainnya

Melek Anggaran: FITRA Jatim Selenggarakan Sekolah Politik Anggaran

SURABAYA – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur menyelenggarakan sekolah politik anggaran selama...

7 Desember 2019, 15:39 WIB

Pendiri Kabar Makassar Tidak Peduli Rating

TUBAN – Exxon Mobil bekerja sama dengan Tempo Institute menggelar acara Cangkruk Mathuk di Grand...

6 Desember 2019, 20:33 WIB

Setiajit Sidak Lokasi Proyek Kilang Minyak GRR Tuban

TUBAN – Untuk memastikan proyek kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban berjalan lancar, Kepala...

6 Desember 2019, 19:13 WIB

Slogan “DJP Kuat Indonesia Maju” Jadi Pelopor Anti Korupsi

Tuban – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban memperingati hari Anti Korupsi Sedunia ( Hakorda...

6 Desember 2019, 13:05 WIB

Izin Lengkap, 8 Pengusaha Tempat Hiburan Karaoke Minta Buka Segel

Blitar – Demi kejelasan berusaha, delapan para pengelola tempat hiburan karaoke yang ada di Kota...

6 Desember 2019, 09:36 WIB

Bobol Kartu Kredit Milik Warga Asing, 18 Pemuda Diamankan Tim Siber Polda Jatim

SURABAYA – Kesigapan tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim Yang berhasil menangkap belasan pemuda dalam kasus...

4 Desember 2019, 16:51 WIB

loading...