Jumat, 27 September 2019 - 07:38 WIB

Foto : Humas Protokol Kab. Blitar

Foto : Humas Protokol Kab. Blitar

Panen Raya Melon di Blitar Selatan, Bupati Blitar Bangga Telah Menjadi Petani Modern

Blitar.deliknews – Upaya Pemerintah Kabupaten Blitar dalam meningkatkan produksivitas Hortikultura (buah – buahan) tampaknya membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan dengan diadakan panen raya melon di wilayah Blitar selatan kemarin.

Diprakarsai oleh Kelompok Tani Mugi Lestari, Desa Pasiraman Kecamatan Wonotirto, Bupati Blitar, Rijanto beserta beberapa anggota DPRD Kabupaten Blitar, Muspika dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di undang untuk secara simbolis mengawali adanya panen raya ini.

Dalam kesempatannya, Bupati Blitar merasa bangga atas keberhasilan para petani Blitar selatan yang telah sukses dalam berusahanya yakni bertani melon. Dimana seperti diketahui bahwa Blitar selatan merupakan daerah pegunungan yang sulit untuk mendapatkan air, apalagi dimusim kemarau.

Tambah lagi perubahan cukup luar biasa. Kata Bupati yang dulu petaninya hanya para petani tradisional yang hanya menggunakan air hujan, maka sekarang ini sudah menjadi petani modern dengan bertani Hortikultura (seperti melon).

“Tanaman Hortikultura kini terbilang menjajikan untuk para petani, mengingat nilai jualnya yang lebih tinggi. Selain menjanjikan, hal tersebut dapat merubah mindset para petani tradisional menjadi petani modern,” ungkapnya, Kamis (26/9/2019) kemarin kepada para awak media.

Selain itu kedatangannya bersama OPD terkait, menurutnya juga dalam rangka memberikan
dorongan dan motivasi bagaimana menjadi petani yang modern dan memilki daya saing.

“Mereka memiliki semangat kerja yang bagus dan mempunyai kegiatan yang luar biasa, khususnya dibidang pertanian. Yang dulu hanya ketela, jagung dan kedelai, sekarang menjadi tanaman hortikultura yang tentunya memiliki nilai yang lebih tinggi. Tambah lagi sekarang Blitar selatan sangat cocok untuk bertani buah melon dan ini buktinya,” tutur Rijanto.

Rijanto juga menilai melon hasil petani Desa Pasiraman tersebut kualitas melonnya beda dengan yang lain. Dengan memiliki warna kuning, gizinya cukup tinggi dan kadar gulanya cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

“Saya berharap, dengan panen melon perdana ini dapat membuat petani-petani Blitar Selatan terus bergerak berkarya untuk berinovasi, mengingat saat ini pada kondisi persaingan yang luar biasa. Sehingga pertanian yang dulunya masih tradisonal yang kurang menjanjikan ekonomi ini bisa dirombak menjadi tanaman yang memiliki nilai lebih,” pungkasnya.(hms).

Artikel ini telah dibaca 8174 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...