Kamis, 19 September 2019 - 14:23 WIB

KESBANGPOL TUBAN GELAR SOSIALISASI DAN FASILITASI FKDM KABUPATEN TUBAN

TUBAN – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban menggelar Sosialisasi dan Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini dan Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tuban tahun 2019 di Ruang RH. Ronggolawe Setda Tuban, Rabu (18/09/2019).

Kegiatan Forum Kewaspadaan Dini dan Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tuban yang diikuti 180 peserta terdiri Camat se-kabupaten Tuban, FKUB dan FKDM Kabupaten Tuban, Tokoh agama, masyarakat dam pemuda se-kabupaten Tuban.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, S.Pd., M.Si. mengungkapkan kegiatan tersebut wujud dari implementasi Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Selain itu, sebagai bentuk pembinaan kepada FKDM di tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

“Sehingga dapat meningkatkan peran FKDM dalam pembangunan kabupaten Tuban. FKDM Kabupaten Tuban diharapkan dapat meminimalisir terjadinya pontesi ancaman ketentraman masyarakat melalui upaya-upaya strategis. Pertama, meningkatkan sumber daya manusia FKDM. Kedua, menjalin komunikasi dan koordinasi bersama stakeholder” ujar Didik Purwanto, S.Pd., M.Si.

Selanjutnya, terus lakukan pengumpulan data sehingga mampu mengambil langkah pencegahan. Masyarakat Bumi Wali relatif aman dan kondusif. Meski demikian, harus memperhatikan berbagai potensi terjadinya konflik maupun disintegrasi.  Di samping itu, masyarakat Kabupaten Tuban tergolong heterogen sehingga perlu diciptakan pola pikir yang bijak untuk menyikapi perbedaan.

Potensi dan kerawanan sosial merupakan hal inheren dalam kehidupan bermasyarakat. Perlu dilakukan cegah dini dan upaya preventif lainnya. Selain itu, harus menjalin komunikasi yang intens dengan maksud menjaga masyarakat yang kondusif, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten Tuban, Letkol. Inf. (Purn) Ibung Sukarjo menyatakan bahwa sebagai upaya pencegahan dan kewaspadaan dini perlu partisipasi masyarakat untuk menjaga ketertiban lingkungan masing-masing.

Tidak hanya itu, kehadiran Pemkab Tuban mendorong peningkatan kesadaran masyarakat tentang Kewaspadaan dini. Hal ini sejalan tema yang diangkat yaitu Sinergitas Peningkatan Kewaspadaan Dini Masyarakat di tingkat Kecamatan.

Pada kesempatan ini, peserta akan mendapat pemahaman tentang Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini. Adapun narasumber pada kegiatan ini anggota FKDM Provinsi Jawa Timur; Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban dan Ketua FKDM Kabupaten Tuban. (jat)

Artikel ini telah dibaca 539 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...