Kamis, 19 September 2019 - 14:23 WIB

KESBANGPOL TUBAN GELAR SOSIALISASI DAN FASILITASI FKDM KABUPATEN TUBAN

TUBAN – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban menggelar Sosialisasi dan Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini dan Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tuban tahun 2019 di Ruang RH. Ronggolawe Setda Tuban, Rabu (18/09/2019).

Kegiatan Forum Kewaspadaan Dini dan Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tuban yang diikuti 180 peserta terdiri Camat se-kabupaten Tuban, FKUB dan FKDM Kabupaten Tuban, Tokoh agama, masyarakat dam pemuda se-kabupaten Tuban.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, S.Pd., M.Si. mengungkapkan kegiatan tersebut wujud dari implementasi Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Selain itu, sebagai bentuk pembinaan kepada FKDM di tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

“Sehingga dapat meningkatkan peran FKDM dalam pembangunan kabupaten Tuban. FKDM Kabupaten Tuban diharapkan dapat meminimalisir terjadinya pontesi ancaman ketentraman masyarakat melalui upaya-upaya strategis. Pertama, meningkatkan sumber daya manusia FKDM. Kedua, menjalin komunikasi dan koordinasi bersama stakeholder” ujar Didik Purwanto, S.Pd., M.Si.

Selanjutnya, terus lakukan pengumpulan data sehingga mampu mengambil langkah pencegahan. Masyarakat Bumi Wali relatif aman dan kondusif. Meski demikian, harus memperhatikan berbagai potensi terjadinya konflik maupun disintegrasi.  Di samping itu, masyarakat Kabupaten Tuban tergolong heterogen sehingga perlu diciptakan pola pikir yang bijak untuk menyikapi perbedaan.

Potensi dan kerawanan sosial merupakan hal inheren dalam kehidupan bermasyarakat. Perlu dilakukan cegah dini dan upaya preventif lainnya. Selain itu, harus menjalin komunikasi yang intens dengan maksud menjaga masyarakat yang kondusif, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten Tuban, Letkol. Inf. (Purn) Ibung Sukarjo menyatakan bahwa sebagai upaya pencegahan dan kewaspadaan dini perlu partisipasi masyarakat untuk menjaga ketertiban lingkungan masing-masing.

Tidak hanya itu, kehadiran Pemkab Tuban mendorong peningkatan kesadaran masyarakat tentang Kewaspadaan dini. Hal ini sejalan tema yang diangkat yaitu Sinergitas Peningkatan Kewaspadaan Dini Masyarakat di tingkat Kecamatan.

Pada kesempatan ini, peserta akan mendapat pemahaman tentang Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini. Adapun narasumber pada kegiatan ini anggota FKDM Provinsi Jawa Timur; Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban dan Ketua FKDM Kabupaten Tuban. (jat)

Artikel ini telah dibaca 513 kali

loading...
Baca Lainnya

Melek Anggaran: FITRA Jatim Selenggarakan Sekolah Politik Anggaran

SURABAYA – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur menyelenggarakan sekolah politik anggaran selama...

7 Desember 2019, 15:39 WIB

Pendiri Kabar Makassar Tidak Peduli Rating

TUBAN – Exxon Mobil bekerja sama dengan Tempo Institute menggelar acara Cangkruk Mathuk di Grand...

6 Desember 2019, 20:33 WIB

Setiajit Sidak Lokasi Proyek Kilang Minyak GRR Tuban

TUBAN – Untuk memastikan proyek kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban berjalan lancar, Kepala...

6 Desember 2019, 19:13 WIB

Slogan “DJP Kuat Indonesia Maju” Jadi Pelopor Anti Korupsi

Tuban – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban memperingati hari Anti Korupsi Sedunia ( Hakorda...

6 Desember 2019, 13:05 WIB

Izin Lengkap, 8 Pengusaha Tempat Hiburan Karaoke Minta Buka Segel

Blitar – Demi kejelasan berusaha, delapan para pengelola tempat hiburan karaoke yang ada di Kota...

6 Desember 2019, 09:36 WIB

Bobol Kartu Kredit Milik Warga Asing, 18 Pemuda Diamankan Tim Siber Polda Jatim

SURABAYA – Kesigapan tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim Yang berhasil menangkap belasan pemuda dalam kasus...

4 Desember 2019, 16:51 WIB

loading...