Kamis, 19 September 2019 - 18:33 WIB

Bupati Blitar saat tinjau stand Job Market Fair. (foto/Bang Jun)

Bupati Blitar saat tinjau stand Job Market Fair. (foto/Bang Jun)

Gencar Adakan Job Market Fair, Pengangguran Di Kabupaten Blitar Dibawah Tingkat Nasional

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Blitar, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kembali menggelar pameran kesempatan kerja atau Job Market Fair bagi masyarakat umum yang akan berlangsung selama dua hari Selasa (19/9/2019) sampai Rabu (20/9/2019) di Pendopo Sasana Adi Praja Kantor Bupati Blitar di Kanigoro.

Bupati Blitar, Rijanto mengatakan mengatakan diadakan Job Market Fair ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Blitar dalam melakukan langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi makam para raja – raja ini guna menurunkan angka kemiskinan serta mengurangi jumlah pengangguran.

Dimana menurut Rijanto sesuai data BPS Sakernas tahun 2018 (Sensus Angkatan Kerja Nasional), jumlah angkatan kerja 638,460 orang, pengangguran 21.508 orang dan bekerja 616.952 orang dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 3,37% (Jawa Timur 4,10%, Nasional 5,34%).

“Pengangguran yang ada di Kabupaten Blitar harus terus bisa ditekan. Hal ini tentunya pemerintah juga harus bisa memfasilitasi peluang kerja dengan
mengadakan Job Market Fair ini,” kata Rijanto usai meninjau stand penerimaan pencari kerja.

Selain itu, menurutnya juga dalam rangka untuk mempertemukan tenaga kerja atau pencari kerja dengan pemberi kerja dalam hal ini adalah perusahaan, sehingga tenaga kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat minat dan kemampuannya dan pemberi kerja atau perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai kebutuhannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, Haris Susianto menegaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 100 perusahaan yang ada di wilayah Jawa Timur, dengan harapan bisa mampu menyerap tenaga kerja kurang lebih 1000 orang.

“Walupun demikian, jumlah angkatan kerja semkin tahun semakin meningkat meskipun angka pengangguran bisa berkurang, akan tetapi tidak imbang dengan percepatan angkatan kerja,” terangnya.

“Sedangkan menurut infografis data BPS sakernas tahun 2018, Kabupaten Blitar 3.37% dibawahnya Provinsi Jawa Timur dan masih di bawahnya tingkat nasional,” tandas Haris.

Kata Haris, Dinas Tenaga Kerja dalam satu tahun sudah mengadakan 4 kali, ada job fair reguler dan ada job fair mini. Selain itu, pihak juga membuat terobosan dengan jemput bola ke sekolah – sekolah dengan menggandeng BKK (Balai Kerja Khusus).

“Seperti ini sangat signifikan juga. Sehingga angka pengangguran bisa berkurang,” pungkasnya (kmf).

Artikel ini telah dibaca 8138 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...