Pemkot Blitar Launching Uji Kir Berbasis IT

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Rudy Wijonarko saat menempelkan bukti lulus uji kendaraan berbasis elektronik.(IT), Selasa (17/9/2019) foto/Bang Jun.

Blitar.deliknews – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perhubungan Kota Blitar melaunching layanan uji kendaraan bermotor berbasis IT (Smart Card), Selasa (17/09/2019).

Sistem ini merupakan bentuk layanan yang tidak lagi memerlukan dokumen kertas. Akan tetapi hanya perlu mengisi data-data kendaraan melalui handphone, lalu sistem akan bekerja secara otomatis.

Muat Lebih

“Waktu pengurusan akan lebih singkat, karena tidak perlu lagi mencari-cari dokumen seperti dulu” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono usai peluncuran program Smart Card.

Dengan dilaunchingnya program ini, menurut Priyo tanda uji kendaraan bermotor tidak lagi di samping kendaraan, melainkan cukup di tempel di depan dengan menggunakan tanda yang berbasis IT.

“Kalau dulu bukti lulus uji kendaraan berada di samping dan mengunakan peneng serta ada di buku kir, sekarang tidak lagi,” tambahnya.

Diterangkan juga, melalui scanner barcode lewat smartphone petugas yang terintegrasi dengan Kementrian Perhubungan waktu yang dibutuhkan pelayanan hanya beberapa menit saja.

“Sistem ini dalam sehari melayani bisa melayani 30 sampai 40 kendaraan dan serta menghapus mata rantai calo dan pemalsuan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Rudy Wijonarko mengatakan, dengan adanya perkembangan teknologi dan peningkatan profesionalisme personel dishub, diharapkan akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Hari ini apel upacara gabungan peringatan hari ulang tahun Perhubungan yang dirangkai dengan launching layanan uji kendaraan bermotor berbasis IT (Smart Card), jadi nanti kendaraan yang diuji di Dishub sudah berbasis IT semua,” terangnya. (hms).

Pos terkait