Sabtu, 14 September 2019 - 23:48 WIB

BUPATI BUKA PENTAS SENI DAN HIBURAN DI KOTA LAMA TUBAN

TUBAN – Bupati Tuban, H. Fathul Huda membuka Pentas Seni dan Hiburan Rakyat Kota Lama Tuban di desa Prunggahan Kulon, Semanding, Sabtu (14/09/2019) di Pendopo Prunggahan Kulon.

Agenda Pemdes Prunggahan Kulon
“Pentas seni dan Hiburan 2019” yang di buka Bupati Tuban dan dihadiri Kadis Koperindag, Kadis Parbudpora, Kabag Humas dan Protokol,  perwakilan DPMPD dan KB, Forkopimka dan Kades se kecamatan Semanding.

“Saya merasa haru dan heran atas terselenggaranya kegiatan pentas seni dan hiburan yang diprakarsai pemerintah desa. Acara ini yang diadakan oleh desa tapi semaraknya even ini mengalahkan kegiatan Pemkab. Semaraknya  kegiatan ini lantaran banyak warga desa yang berpartisipasi datang untuk melihat pasar rakyat maupun kegiatan kesenian” ujar H. Fathul Huda

Lebih lanjut, kegiatan ini menjadi salah satu wahana untuk mengenang sejarah, dimana Prunggahan Kulon menjadi cikal bakal lahirnya Kabupaten Tuban. Pemdes bersama sesepuh dan wagar desa Prunggahan kulon telah melakukan uri uri (melestarikan) warisan budaya nenek moyang. Budaya merupakan implementasi dari seni dan nurani dari hari yang paling dalam manusia yang dilakukan secara terus menerus. Budaya luhur harus dipertahankan agar tidak punah dan tidak kehilangan jejak leluhur. Saya juga menginstruksikan agar kegiatan ini disinergikan dengan instansi dan stakeholder terkait.

Masih menurutnya, kegiatan ini sesuai dengan harapan Pemkab, dimana desa menjadi subjek dan objek pembangunan. Kepala desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa serta warga menjadi pelaku utama kemajuan desa. Karenanya, Kades harus punya terobosan di berbagai bidang. Jika desa maju, maka akan mendukung kemajuan kabupaten, serunya.

Diadakannya pasar rakyat menjadi salah wahana untuk memaksimalkan potensi kuliner maupun produk warga desa. Tidak hanya itu, Kecamatan Semanding memiliki potensi berupa kayu putih yang dijual hingga ke Mojokerto. Potensi ini dapat diolah dengan menjadi produk kayu putih siap jual. “Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Semanding, imbuhnya.

Saya berharap berbagai kegiatan budaya memiliki nilai sakral. Oleh karena itu, harus dipublikasikan dan dipromosikan dengan memanfaatkan berbagai media. Sehingga dapat dikenal masyarakat luas hingga tingkat Nasional. (jat)

Artikel ini telah dibaca 469 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...