Pemkab Blitar Optimis Raih Swasti Saba Wistara 2019

  • Whatsapp
Bupati Blitar, H. Rijanto saat menerima Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Tingkat Nasional, di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Selasa (3/9/2019)

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten Blitar merasa optimistis untuk mampu meraih peringkat Swasti Saba Wistara pada Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional 2019. Hal ini dilatarbelakangi oleh penghargaan Swasti Saba Padapa dan Wiwerda yang telah didapat tahun lalu.

“Tahun 2015 kita meraih tingkat pemantapan (Padapa), sedangkan 2017 kita raih tingkat pembinaan (Wiwerda). Mudah-mudahan pada 2019 dengan persiapan yang sudah kita lakukan semaksimal mungkin ini kita mampu meraih tingkat pengembangan (Swasti Saba Wistara) tahun ini,” ujar Bupati Blitar, Rijanto usai pemaparan kepada tim penilai, Selasa (3/9/2019) di Pendopo Ronggo Hadinegoro.

Muat Lebih

Menurutnya, saat ini masih tahab penilaian. Sedangkan penilaiannya, terdapat enam tatanan yang diajukan, yakni kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

“Yang dinilai 6 tatanan, meliputi aspek administrasi dan titik pantau dilapangan termasuk Administrasi di Forum Kabupaten, Sektap Forkom Kecamatan dan Sektap Pokja desa/kelurahan,” terang Bupati.

Dia menambahkan, untuk menghadapi penilaian verifikasi Kabupaten Sehat 2019 ini, pihaknya fokus kepada penetapan indikator tatanan dan kegiatan, serta dokumen pendukungnya. Hal ini dibutuhkan kerja sama seluruh elemen, baik yang di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Komunikasi Kabupaten Sehat (FKKS), Forum Komunikasi Desa Sehat (FKDS), Kelompok Kerja (Pokja) Kabupaten Sehat, kecamatan, maupun kelurahan.

“Tentunya semua ini tidak lepas dari sinergitas seluruh pihak terkait. Mudah-mudahan dengan dukungan dari berbagai pihak ini kita dapat mewujudkan predikat tingkat Swasti Saba Wistara,” harap Orang nomer satu di lingkup Pemkab Blitar itu.(kmf)

Pos terkait