Pawai Budaya Nusantara, Bupati Blitar Gelorakan Semangat Hurub Hambangun Praja

  • Whatsapp

Blitar.deliknews – Mengisi HUT Kemerdekaan RI ke – 74, Pemkab Blitar menggelar Pawai Seni Budaya Nusantara dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, di Kecamatan Wlingi, Kamis (29/8/2019).

Menurut Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM, pawai ini merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya diselenggarakan. Selain memperingati HUT RI, juga untuk memperingati hari jadi Blitar ke – 694 dengan semangat yang menyala – nyala/berkobar – kobar. Dimana hal ini sesuai simbol Pemerintah Kabupaten Blitar, yakni Hurub Hambangun Praja.

Muat Lebih

Dalam kesempatanya juga, ia mengatakan bahwa pawai yang digelarnya ini merupakan wujud dari implementasi pembangunan yang ada di Kabupaten Blitar yang meliputi bidang ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan nasional atau lebih dikenal istilah Eksosbud Hamkanas.

Sedangkan pesertanya, antara lain adalah ada pelajar, mahasiswa, organisasi keagamaan, lembaga pemerintahan/instansi, BUMD/BUMN dan perbankkan, maupun koperasi simpan pinjam.

“Pawai hari ini banyak menyedot perhatian masyarakat. Karena, berbagai ragam antraksi kesenian dipertontonkan dengan apik dan khas dengan gaya modern. Untuk itu, kedepan harus kita tingkatkan dengan skala yang lebih luas lagi,” ujar Bupati usai memberangkatkan peserta kepada deliknews.

Lebih lanjut, orang yang juga pernah menjabat sebagai Camat Wlingi itu mengatakan, Ajang ini merupakan sebuah upaya dan kesempatan bagi pengusaha dan UMKM untuk memperkenalkan produk atau kegiatan usahanya agar lebih dikenal di masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan mengetahui dan tertarik saat mereka mempertotonkan hasil kreasinya.

“Dengan terus melakukan inovasi, tentunya nanti akan berdampak positif bagi para pelaku usaha dan UMKM itu sendiri. Sehingga pawai ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dan UMKM untuk memperkenalkan produk usahanya kepada masyarakat,” beber Rijanto.

Terakhir, pesan moralnya kepada peserta dan masyarakat, Rijanto mengajak agar bersama – sama tetap menjaga keutuhan NKRI, saling menghargai antar sesama walaupun berbeda tetapi kita tetap sama seperti pesan pawai mengenai Bhinneka Tunggal Ika ini.

“Saya mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk dijaga yang namanya NKRI, walaupun berbeda -beda tetapi kita tetap satu, yakni bangsa Indonesia,” Pungkasnya.(kmf).

Pos terkait