Kamis, 8 Agustus 2019 - 06:10 WIB

Wagub Tuban Tanam Mangrove

TUBAN  – Wabup Tuban, H Noor Nahar Hussein, bersama Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian LHK RI menanam pohon mangrove di lokasi Wana Wisata Pantai Sowan, Bancar, Rabu (07/08/2019). 

Ketua TP PKK Kabupaten Tuban; Dandim 0811/Tuban; Kapolres Tuban; Kemenag Tuban; Sekda Tuban bersama Istri; BPBD Jatim; OPD dan Camat melakukan penanaman pohon mangrove. Kegiatan ini juga diikuti Puluhan mahasiwa dan pelajar untuk menanam 2800 pohon mangrove di area wisata ini. Pada kegiatan ini, juga dibagikan 500 bibit Cemara Laut dan 500 bibit kelengkeng kepada peserta.

Penamaan mangrove ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE) yang dibentuk Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla. OASE bekerja sama dengan sejumlah kementerian, diataranya Kementerian LHK; Kementerian Kelautan dan Perikanan; Kementerian Pertanian; dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Usai melakukan kegiatan, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian LHK RI, Dr. Murdiyono menyatakan,  terdapat 3 juta ha mangrove yang tersebar di wilayah Indonesia. Dari jumlah tersebut 69 persen tergolong baik, sedangkan 31 persen tergolong rusak. 

“Lahan mangrove yang mengalami kerusakan tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Pihaknya juga telah memiliki one map mangrove untuk memetakan wilayah mangrove yang baik maupun rusak. Kementerian LHK RI saat ini terus berupaya merehabilitasi  mangrove yang tergolong rusak. Sesuai dengan intruski Presiden RI, perlu adanya peningkatan rehabilitasi lahan dan hutan” ujar Dr. Murdiyono.

Perlu perlibatan peran serta institusi pemerintah, BUMN, swasta dan masyarakat untuk melakukan penanaman mangrove Murdiyono  menambahkan,  adanya Mangrove Center Jenu menjadi langkah yang luar biasa dalam upaya pelestarian dan pengembangan mangrove. Kabupaten Tuban dapat menjadi percontohan pengembangan dan budidaya mangrove bagi wilayah lainnya, lanjutnya.

Kami mengapresiasi atas upaya dari masyarakat dan komunitas yang telah menanam mangrove secara swadaya, pungkasnya.

Ditempat yang sama, Wabup Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menyampaikan terima kasih atas dipilihnya kabupaten Tuban mewakili Provinsi Jawa Timur. Penanaman mangrove ini serentak dilakukan di 12 Provinsi rangka memperingati hari konservasi alam Nasional.

“Kabupaten Tuban memiliki garis pantai sepanjang 65 KM, yang melintasi lima kecamatan. Dari total panjang pantai tersebut, 15 KM telah ditanami mangrove. Tidak hanya itu, Pemkab Tuban akan mensinergikan program di Diskanak dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban. Akan terus dikembangkan dengan berbagai program untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan ekosistem dan lingkungan” ujar Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si

Dimana tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk nelayan. Selain itu budidaya mangrove, membawa manfaat yang luar biasa. Diantaranya mencegah abrasi, sebagai ekosistem baru bagi hewan laut, serta mampu mengurangi polusi 5 kali lebih baik dan menghasilkan oksigen, pungkasnya. (jat).

Artikel ini telah dibaca 479 kali

loading...
Baca Lainnya

Diklatpim IV Pemkot Blitar, Proyeksinya Bisa Ada Perubahan

Blitar.deliknews – Sebanyak 40 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV yang diselenggarakan...

20 Agustus 2019, 19:31 WIB

Guna Meningkatkan Performa Calon Mahasiswa, POLTEK UBAYA Datangkan Motivator Tingkat Nasional

Surabaya – Guna meningkatkan mutu kualitas performa dan wawancara saat mencari kerja , Universitas UBAYA...

20 Agustus 2019, 15:35 WIB

Pemkab Blitar Kembangkan SDM Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Blitar.deliknews – Upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Blitar...

20 Agustus 2019, 15:01 WIB

Melongok Aksesoris Kulit Sepeda Kuno Ala Sumadi Seng

MAGETAN – Kerajinan tangan berbahan kulit sapi atau kambing yang dihasilkan para perajin Kabupaten Magetan...

19 Agustus 2019, 22:42 WIB

Pastikan Ketepatan Waktu Pembangunan RSUD Srengat, Bupati Blitar Lakukan Sidak

Blitar.deliknews – Guna melihat secara langsung proses pengerjaan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang...

19 Agustus 2019, 14:56 WIB

Launching tali bumi Ini kata Bupati Blitar

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Rijanto meresmikan kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan...

19 Agustus 2019, 12:00 WIB