Rabu, 31 Juli 2019 - 18:31 WIB

BPOM Surabaya Temukan Satu Gudang Berisi Jamu Ilegal di Blitar

Blitar.deliknews – Tim Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya menggelar inspeksi mendadak (Sidak) dan berhasil menemukan jamu olahan tanpa ijin edar, tepatnya di Jalan Bakung Kota Blitar dan Gudang di Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Rabu (31/7/2019).

Dari pantauan deliknews di lapangan, tim BPOM Surabaya sebanyak 10 orang menggledah sejumlah tempat yakni, toko tempat menjual barang jamu ilegal tersebut, lalu di garasi, diteruskan di rumah/tempat tinggal yang jaraknya hanya bersebelahan.

Tim BPOM Surabaya mencurigai truck dan mobil box yang berisi jamu tanpa ijin edar di sebuah garasi di Jalan Bakung -Kota Blitar, Rabu (31/7/2019) foto by Bang Jun

Dari situ, nampak tim menemukan sejumlah barang sebanyak 1 truck dan 1 mobil box siap edar yang dicurigai berisi barang ilegal tersebut, namun tim hanya membawa beberapa bungkus saja. Selanjutnya diteruskan ke dalam rumah, dan juga ditemukan puluhan kardus berlebel yang sama.

Tim BPOM Surabaya juga menemukan barang dalam kemasan kardus berisi barang yang sama dari rumah pemilik barang tersebut.(foto by Bang Jun)

Tidak puas dengan hasil temuan, tim BPOM Surabaya melanjutkan ke salah satu gudang, tepatnya di Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar dan diketahui juga bahwa gudang tersebut pemiliknya sama yang berada di Jalan Bakung Kota Blitar itu.

Masih dari pantuan deliknews, tim menyisir sampai gudang yang ada dibelakang sendiri dan menemukan puluhan kardus, ratusan botol, ribuan jamu dalam kemasan sanset, puluhan jurigen yang berisi bekas cairan jamu, alat packing dan pulahan bak yang dicurigai tempat untuk mengolah jamu.

Tim BPOM Surabaya juga menemukan ratusan jamu dalam botol, ribuan jamu dalam sanset dan puluhan kardus di gudang pemilik yang sama di Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.(foto By Bang Jun).

Setelah beberapa puluh menit, akhirnya tim melakukan penyegelan barang – barang yang diduga tidak berijin itu dengan tulisan “Disegel BPOM Surabaya”.

“Atas informasi masyarakat, kami sudah melakukan penyelidikan selama satu minggu dan akhirnya menemukan barang berupa jamu kemasan berupa serbuk dan jamu dalam kemasan botol berupa cairan, tanpa disertai ijin edar,” ungkap Joni Idrus Setiawan, selaku Kepala Lokapom/BPOM Surabaya yang berkantor di Jalan Pekabangsa no. 42, Kabupaten Kediri.

“Dan kami masih melakukan pengempakan, dan akan kita sita untuk kita laporkan kepada pimpinan sebagai barang bukti untuk kita tindak lanjuti,” sambungnya.

Sampai berita ini diterbitkan, tim masih melakukan proses penyegelan dan diketahui pemilik barang itu adalah Hendri Ermawan, warga Jalan Bakung no 37 Kota Blitar.(jun).

Artikel ini telah dibaca 368 kali

loading...
Baca Lainnya

Melek Anggaran: FITRA Jatim Selenggarakan Sekolah Politik Anggaran

SURABAYA – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur menyelenggarakan sekolah politik anggaran selama...

7 Desember 2019, 15:39 WIB

Pendiri Kabar Makassar Tidak Peduli Rating

TUBAN – Exxon Mobil bekerja sama dengan Tempo Institute menggelar acara Cangkruk Mathuk di Grand...

6 Desember 2019, 20:33 WIB

Setiajit Sidak Lokasi Proyek Kilang Minyak GRR Tuban

TUBAN – Untuk memastikan proyek kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban berjalan lancar, Kepala...

6 Desember 2019, 19:13 WIB

Slogan “DJP Kuat Indonesia Maju” Jadi Pelopor Anti Korupsi

Tuban – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban memperingati hari Anti Korupsi Sedunia ( Hakorda...

6 Desember 2019, 13:05 WIB

Izin Lengkap, 8 Pengusaha Tempat Hiburan Karaoke Minta Buka Segel

Blitar – Demi kejelasan berusaha, delapan para pengelola tempat hiburan karaoke yang ada di Kota...

6 Desember 2019, 09:36 WIB

Bobol Kartu Kredit Milik Warga Asing, 18 Pemuda Diamankan Tim Siber Polda Jatim

SURABAYA – Kesigapan tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim Yang berhasil menangkap belasan pemuda dalam kasus...

4 Desember 2019, 16:51 WIB

loading...