Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Blitar Launching Balistik

  • Whatsapp
Ruang Taman Hijau (RTH), Kanigoro memerah saat digelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (26/7/2019) foto by DLH

Blitar.deliknews – Peringatan World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Blitar menggelar beberapa kegiatan diantaranya, Senam Tera, Donor Darah, Lombal Yel – Yel dan Periksa Kesehatan Gratis yang dipusatkan di RTH Kanigoro, Jumat (26/7/2019) pagi.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM, Sekdakab Blitar, Totok Subihandono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Krisna Triatmanto, Kapolres Kota Blitar, AKBP Adewira Negara Siregar, Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M. Ridha, OPD beserta staf dan jajarannya dan juga ribuan pemerhati lingkungan serta para lansia se-Kabupaten Blitar.

Muat Lebih

Dalam sambutannya, Bupati Blitar mengatakan, peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia sebenarnya jatuh pada tanggal 5 Juli namun bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, maka Pemkab Blitar puncak peringatanya dilaksanakan hari ini, dengan digelar empat kegiatan.

Tambahnya, dalam keterangan World Health Organization (WHO) yang menjadi salah satu ancaman terberat saat ini adalah ancaman terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara, sehingga United Nation Enviroment (PBB) mengangkat tema Pengedalian Polusi Udara (Beat Air Pollution) pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini.

“Untuk secara nasional di tahun 2019 ini mengangkat tema Biru Langitku Hijau Bumiku,” kata Bupati Blitar dalam sambutannya.

Lebih lanjut, sesuai dengan Perpres nomor 97 Tahun 2017 Tentang Arah Kebijakan Strategi Nasional Pengurangan Sampah, maka dalam upaya percepatan pengendalian dan pengurangan sampah plastik di Kabupaten Blitar, maka tindak lanjut itu dengan dikeluarnya Surat Edaran Bupati Nomor 660/1 71.3/409.113/2019 Tentang Pengurangan Kantong Plastik dan Sedotan.

“Intinya, surat edaran ini ditujukan kepada pemilik toko modern dan pasar tradisional maupun restoran dan masyarakat untuk memberlakukan kresek berbayar dan buat pemilik restoran untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik,” terangnya.

Ditempat yang sama, Krisna Triatmanto selaku Kepala DLH Kabupaten Blitar mengatakan, “Selain sehat, peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada lingkungan, alam, dan planet bumi pada khususnya,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor 660/17 1.4/409.113/2019 Tentang Pengurangan Sampah Plastik dan Pengolahan Sampah Rumah Tangga. Intrusik ini ditujukan kepada seluruh ASN dan karyawan karyawati Pemerintah Kabupaten Blitar untuk membatasi penggunaan air minum dalam kemasan dan peralatan makan minum sekali pakai dan untuk menjadi anggota bank sampah.

“Selanjutnya gerakan bersama mengurangi sampah plastik di kabupaten Blitar di branding dengan istilah Ballistic (Blitar Libas Sampah Plastik),” urai Krisna.

Pada kesempatannya, Krisna juga menyampaikan apreasiasi kepada masyarakat penggiat lingkungan yang telah melakukan kegiatan bersih sungai di beberapa tempat, kepada bank sampah yang telah memberikan kontribusi solusi terhadap penanganan sampah pada Desa Berseri yang telah menanamkan dan menerapkan kepada masyarakat tentang perilaku peduli lingkungan, Sekolah Adiwiyata yang ikut membantu membentuk karakter anak didik yang peduli lingkungan dan juga Kantor UPTD serta Saka Kalpataru yang telah berperan dalam pembentukan karakter anak sekolah. “tutupnya.(kmf).

Pos terkait