Selasa, 23 Juli 2019 - 17:43 WIB

Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Blitar Gelar Sarasehan

Blitar.deliknews – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar menggelar Sarasehan Peningkatan Minat Baca di Lingkungan Pendidikan di ruang Sasana Praja Kantor Wali Kota Blitar, Selasa (23/07/2019).

Dengan mengusung tema “Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan”, Sarasehan ini diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs se-Kota Blitar dengan menghadirkan narasumber Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dalam sambutannya, Plt. Wali Kota Blitar, Santoso yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Blitar Didik Hariadi menyampaikan, kegiatan ini diadakan dalam rangka keprihatinan terhadap anak didik sekarang ini yang lebih suka bermain game online dan chating ketimbang membaca.

Dengan adanya saresehan ini, diharapkan lembaga sekolah dapat meningkatkan minat baca anak didik yang bersumber dari perpustakaan, sehingga perpustakaan akan menjadi sumber ilmu dan sumber informasi.

“Pelajar harus banyak membaca, sehingga dengan membaca pelajar bisa pandai dan memiliki wawasan yang cukup luas,” tutur Santoso dalam sambutannya.

Disamping itu, Perpustakaan harus mempunyai peran penting bagi anak didik dalam mengakses hal-hal yang baru dan sebagai tempat belajar yang nyaman untuk berdiskusi dan menambah wawasan.Tentunya hal ini harus dilengkapi dengan sarana penunjang lainnya. “Salah satunya WiFi, sehingga perpustakaan bisa menjadi tempat e-learning,” urainya.

Lebih lanjut, Santoso dalam sambutannya mengatakan, perpustakaan sekolah harus dikelola dengan sungguh-sungguh dan ditambah tenaga pelayan perpustakaan yang berkompeten, sehingga perpustakaan akan mampu memberikan tambahan ilmu bagi pelajar utamanya materi umum yang belum masuk dalam kurikulum pendidikan

Untuk itu, dalam rangka penerapan APBD pro rakyat, maka Pemerintah Kota Blitar telah sepakat menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama. “Maka dari itu, perlu penambahan buku yang lebih komplit di perpustakaan sekolah, sehingga pelajar tidak akan kesulitan untuk mencari referensi. kedepan juga dapat meningkatkan minat baca masyarakat,” tutup Santoso.(hms).

Artikel ini telah dibaca 8170 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...