Minggu, 21 Juli 2019 - 09:05 WIB

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM saat menerima prosesi Pisowanan Agung dari Pemerintah Desa Sawentar di Pendopo Sasana Adi Praja, Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Sabtu (20/7/2019) malam. (foto by Bang Jun)

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM saat menerima prosesi Pisowanan Agung dari Pemerintah Desa Sawentar di Pendopo Sasana Adi Praja, Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Sabtu (20/7/2019) malam. (foto by Bang Jun)

Bupati Blitar “Terima” Pisowanan Agung Dari Pemdes Sawentar

Blitar.deliknews – Pisowanan Agung merupakan sebuah acara ”permintaan ijin kepada Ki Demang/Bupati” untuk melakukan kegiatan Pawai Budaya Kirap Gunungan/Grebeg Lwang Wentar yang akan digelar oleh masyarakat Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, di Candi Sawentar, Minggu (21/7/2019).

Permintaan ijin ini dilakukan di Pendopo Sasana Adi Praja (SAP), Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Sabtu (20/7/2019) malam oleh Ki Lurah/Kepala Desa Sawentar, Sunoto bersama Punggawa/staf Desa beserta Prajurit/masyarakat Desa Sawentar yang diterima langsung oleh Ki Demang/Bupati Blitar, Rijanto.

Dimulai dari Desa Sawentar menuju Pendopo SAP iring – iringan ini awali dengan Prajurit Dwaja Sawentar/Prajurit pembawa Panji Bendera Merah Putih yang didalamnya ada Prajurit Bergada Garuda/Prajurit pembawa Lambang Burung Garuda yang disusul oleh Prajurit Truno Kembang/Prajurit pembawa panca warna (bunga) yang dibelakangnya ada Ki Lurah/Kepala Desa bersama Punggawa/staf Deda, dimana setiap perjalanan prajuri panca warna menaburkan bunga – bunga.

Yang menarik dan menghipnotis ribuan penonton sepanjang perjalanan adalah 17 gunungan yang terbuat dari berbagai hasil bumi dengan dihiasi lampu warna -warni yang melingkar digunungan tersebut.

“Hal ini melambangkan sebuah kemakmuran yang ada di Desa Sawentar dan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas karunia yang diberikan kepada masyarakat Desa Sawentar berupa hasil pertanian dan perkebunan yang melipah ruah, serta kondisi masyarakat ayem trentrem lan loh jinawi (red, kondisi masyarakat yang aman, nyaman dan alam yang kaya raya),” ungkap Sunoto usai Pisowanan Agung.

Sesampai di pendopo, Ki Demang/Bupati Blitar, H. Rijanto menerima laporan dari Juru Kirap Samapta yang pada intinya untuk mememinta ijin dari penguasa wilayah yaitu Bupati Blitar untuk melaksanakan kegiatan Lwang Wentar atau kirap Sawentar.

“Kulo tampi palaporanipun, sabda dhawuh bade kulo pasrahaken, tumindakno engkang becik (red, saya terima laporannya dan laksanakan dengan baik),” kata bupati dalam sambutan penerimaan Pasowanan Agung.

Selanjutnya, para pembawa panji – panji maju satu demi satu kedepan Ki Demang/Bupati untuk menerima Selendang sebagai pertanda pemberian tugas atau tugas atas seijinnya bisa dilaksanakan.

Terakhir, atas apa yang telah digelarnya kegiatan ini, Bupati Blitar mengapresiasi dengan memberikan hadiah berupa uang secara pribadi sebesar Rp. 10.000.000 kepada pemerintahan Desa Sawentar untuk perlombaan kreasi Gunungan tersebut.(kmf).

 

Artikel ini telah dibaca 276 kali

loading...
Baca Lainnya

Diklatpim IV Pemkot Blitar, Proyeksinya Bisa Ada Perubahan

Blitar.deliknews – Sebanyak 40 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV yang diselenggarakan...

20 Agustus 2019, 19:31 WIB

Guna Meningkatkan Performa Calon Mahasiswa, POLTEK UBAYA Datangkan Motivator Tingkat Nasional

Surabaya – Guna meningkatkan mutu kualitas performa dan wawancara saat mencari kerja , Universitas UBAYA...

20 Agustus 2019, 15:35 WIB

Pemkab Blitar Kembangkan SDM Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Blitar.deliknews – Upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Blitar...

20 Agustus 2019, 15:01 WIB

Melongok Aksesoris Kulit Sepeda Kuno Ala Sumadi Seng

MAGETAN – Kerajinan tangan berbahan kulit sapi atau kambing yang dihasilkan para perajin Kabupaten Magetan...

19 Agustus 2019, 22:42 WIB

Launching tali bumi Ini kata Bupati Blitar

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Rijanto meresmikan kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan...

19 Agustus 2019, 12:00 WIB

Layani Seks Threesome, Wanita Asal Jember Diciduk Unit PPA Polrestabes Surabaya

Surabaya – Jaringan prostitusi melalui online yang menawarkan layanan seks threesome kembali dibongkar oleb Unit...

17 Agustus 2019, 17:26 WIB