Rabu, 17 Juli 2019 - 18:11 WIB

Bupati Rijanto Terima Tim Ekspedisi Destana Stunami di Kampung Coklat

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, H. Rijanto menerima Tim Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat di wisata Kampung Coklat, Blitar Rabu (17/7/2019).

“Tim Destana Stunami, BNPB ini nantinya akan mengadakan sosialisasi penanggulangan tsunami kepada masyarakat di kawasan Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, selama dua hari,” kata Bupati Blitar.

Menurut Rijanto, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat jika terjadi gempa atau tsunami, masyarakat bisa mengetahui tatacara penyelamatan.

“Mengingat Kabupaten Blitar mempunyai kawasan bibir pantai dan menurut BNPB berpotensi terjadinya bencana,” tambahnya.

Selain masyarakat, Kabupaten Blitar juga daerah yang banyak dikunjungi wisatawan. Untuk itu, tim BNPB harus mengevaluasi betul – betul selama bersolialisasi guna menghadapi resiko bila terjadi bencana,” harap Bupati.

“Tidak hanya masyarakat, keselamatan pengunjung atau wiasatan harus juga kita fikirkan. Saya harap nantinya tim Destana betul – betul mengevaluasi selama mengadakan sosialisasi bersama masyarakat yang ada disana,” terangnya.

Ditempat yang sama, Pangarso Suryo Utomo selaku Kasubid Peran Masyarakat BNPB mengatakan hal yang sama. Dimana tim Ekspidisi Desa Tanggap Bencana (Destana) Stunami ini menyiapkan masyarakat sepanjang pantai untuk memahami acaman stunami yang mungkin terjadi.

“Stunami tidak hanya terjadi akibat gempa, melainkan juga bisa diakibatkan hal – hal lain seperti di Pandeglang kemarin adanya gugusan gunung yang mengakibatkan stunami,” terangnya.

“Selain itu, yang mendasari kegiatan ini merupakan atas informasi dari pakar kebencanaan Indonesia agar segara melakukan edukasi kepada masyarakat sepanjang pantai selatan pulau jawa,” sambung Papang sapaan akrabnya.

Tambah Papang, selain wilayah pesisir selatan pulau jawa, pihaknya juga akan merencanakan tim ekspedisi gunung api. Dimana tim ini juga akan memberikan edukasi kepada mayarakat sekitar lereng gunung merapi.

Selain itu, pihaknya juga akan membentuk tim ekspedisi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sering mengakibatkan banjir dan lonsor.

“Kalau di Jawa Timur, kawasan Gunung Kelud dan Semeru, sedangkan di Jawa Tengah kawasan Gunung Merapi. Karena kawasan ini juga rentan terjadinya bencana, maka perlu dibentuk tim lain yaitu, tim Ekspedisi Gunung Api dan Ekspedisi Banjir dan Longsor,” pungkas Papang.

Diketahui tim Ekpedisi Destana Stunami ini secara maraton memberikan sosialisasi untuk wilayah Provinsi Jawa Timur mulai Banyuwangi dan hari ini di Kabupaten Blitar, lalu dilanjutkan sampai Kabupaten Pacitan dan secara Nasional akan berakhir di Kabupaten Pandeglang.(hms).

Artikel ini telah dibaca 2520 kali

loading...
Baca Lainnya

Hindari Politik Uang, Bupati Blitar Ajak Deklarasi Damai

Blitar.deliknews – Terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal digelar 15 Oktober 2019 mendatang...

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto. (foto/Bang Jun)

10 Oktober 2019, 18:01 WIB

Amankan Pilkades Serentak, Bupati Blitar Serahkan 2.208 Personil Satlinmas

Blitar.deliknews – Sebanyak 2.208 personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari 167 desa yang tersebar di...

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto. (foto/Bang Jun)

10 Oktober 2019, 16:34 WIB

Pastikan Pelaksanaan Pilkades Serentak Aman Dan Lancar, DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Diskusi Tematik

Blitar.deliknews – DPRD Kabupaten Blitar gelar ‘Rapat Diskusi Tematik’ dengan Eksekutif, Polres Kota/Kabupaten Blitar dan...

10 Oktober 2019, 11:02 WIB

Menpan Arman Kunjungi PT RMI di Blitar, 10 Pabrik Gula Tebu Harus Tuntas Dibangun

Blitar.deliknews – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengunjungi Pabrik Gula (PG) Rejoso Manis Indo (RMI) di...

10 Oktober 2019, 07:44 WIB

Polemik Pedagang Unggas Keputran PD Pasar Tak Pedulikan Hasil Hearing Dengan DPRD Surabaya

Surabaya – Polemik pemindahan pedagang unggas di pasar Keputran bergejolak lagi. Pasalnya, pihak PD Pasar...

9 Oktober 2019, 10:20 WIB

Sidang Amblesnya Jalan Gubeng, Anak Walikota Surabaya Cuma Dijadikan Saksi

Surabaya – 6 terdakwa dalam kasus amblesnya jalan gubeng akhirnya menjalani sidang perdana di PN...

7 Oktober 2019, 16:07 WIB

loading...