Rabu, 17 Juli 2019 - 07:35 WIB

Alfamart Bersama Pemkot Blitar Gelar Bimtek Manajemen Ritel

Blitar.deliknews – Bentuk kepedulian dan tanggung jawab Pemeritah Kota (Pemkot) Blitar terhadap sektor UMKM agar produknya siap masuk pasar modern dan bersaing dengan produk pabrikan pada umumnya, maka, Selasa (16/7) Pemkot Blitar menggelar acara bimbingan teknik (Bimtek) manajemen ritel dengan bekerjasama dengan perusahaan toko modern yakni Alfamart sebagai mentor.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 lebih pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Kota Blitar, yang diadakan di RM Bu Mamiek dan acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Administrasi Umum dan Pembangunan, Wikandrio dan tampak hadir pula Teteng Rukmocondrono selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Blitar.

Menurut Wikandrio, Keberadaan toko modern yang ada di Kota Blitar harus mempunyai bentuk kepedulian terhadap pelaku UMKM. Dimana bentuk kepedulian tersebut sebagai toko modern bisa bekerjasama yang baik antara talent (usaha kecil), klien dan mentor. sehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Blitar.

“Keterbatasan APBD merupakan salah satu alasan rendahnya pertumbuhan ekonomi masyarakat. Maka dari itu, guna meningkatkanya juga perlu campur tangan dari pihak swasta maupun UMKM itu sendiri,” ucapnya.

“Tentunya tanpa bimbingan dari mentor, pelaku usaha juga tidak akan tahu kemana produknya yang tepat untuk bersaing di pangsa yang lebih luas,” sambung Wikandrio.

Ditempat yang sama, menurut Branch Manager Alfamart Malang, Prima Widyaswara mengatakan, pelatihan yang melibatkan para pelaku UMKM ini tujuannya untuk mengajak memiliki bisnis ritel dan memahami manajemen ritel modern dan hal ini sesuai visi misi perusahaannya yang ingin mengangkat produk-produk lokal.

Prima juga mengemukakan, materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain, tentang manajemen penataan barang, pengaturan stok barang, manajemen keuangan (cash flow), serta tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati.

”Kami berharap dengan kegiatan ini bisa membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan serta mengajak bersama untuk semakin maju,” ujarnya.(jun)

Artikel ini telah dibaca 8184 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...