Senin, 8 Juli 2019 - 06:49 WIB

Gubernur Khofifah Ajak Amalkan Amalan KH. Wahab Chasbullah

Blitar.deliknews – Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, hadir dalam acara silaturahim dan halal bihalal yang diselenggarakan oleh Muslimat Nahdlatul Ulama Cabang Kabupaten Blitar, Minggu (7/7/2019) siang.

Selain halal bihalal, acara tersebut juga dalam rangka tasyakuran Juara 1 NU Award 2019 Kategori Pengurus Muslimat Cabang NU Terbaik se-Jawa Timur, yang kegiatan tersebut dipusatkan di Pendopo Sasana Adi Praja, Kantor Pemkab Blitar.

Didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Cahyono, Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan bersama beberapa staf kehumasan, kedatanganya disambut langsung oleh Bupati Blitar, H. Rijanto MM.

Hadir pula di acara tersebut, Forpimda Kabupaten Blitar, Ketua beserta pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOWA) Kabupaten Blitar, Kepala Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga Pimpinan Lembaga Badan Otonom (Banom) NU.

Dalam tausiahnya, Khofifah mengatakan bahwa kata halal bihalal ini dicetuskan oleh Kyai Wahab Chasbullah pada tahun 1948, tepatnya dipertengahan bulan Ramadhan. Saat itu, Bung Karno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara, untuk dimintai pendapat dan sarannya, guna mengatasi situasi politik Indonesia yang tidak sehat.

“Sehingga, penyelenggaraan halal bihalal ini sudah menjadi tradisi masyarakat luas utamanya warga nahdiyin. Selain masyarakat, Pemerintah dalam menjalin hubungan antar jajaran, lembaga, maupun kemasyarakat juga mengadakan halal bihalal yang kini sudah menjadi sebuah tradisi setelah hari raya,” kata Khofifah.

Khofifiah juga berpesan kepada seluruh Muslimat yang hadir untuk pandai menyaring berita – berita yang muncul di sosial media (Sosmed) yang berpotensi memberitakan berita hoax. Karenanya, berita tersebut bisa memecah belah antar umat beragama dan juga bangsa Indonesia.

Dari pada itu, Khofifah mengajak untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana yang tepat untuk beribadah. Dengan membuat group
WA yang bertajuk ‘one day one jus’ (red, satu hari satu jus), hal tersebut dimaksudkan untuk memotivasi ibu-ibu Muslimat NU dalam menghafal Al-Qur’an. Jika dirasa masih sibuk, bisa merubah menjadi “one week one jus” (red, satu minggu satu jus).

” Kita yang ada PP Muslimat juga sudah menerapkan itu. Walaupun berada dimana – mana kita tetap melaporkan hafalan tersebut,” ungkap Gubenur.

Ia juga menuturkan, kalau saat ini begitu banyak masalah yang berkembang dimasyarakat. Yakni, problematika sosial kemasyarakatan, problematika kebangsaan dan juga suasana kurang baik, baik intern agama maupun antar agama.

Sehingga cara yang tepat untuk penangananya adalah dengan cara mempererat Ukhuwah Islamiah, Ukhuwah Watoniyah dan Ukhuwah Insaniyah. Disamping itu, Ukhuwah Nahdiniyah menjadi salah satu sarana penting untuk mengatasinya.

“Dengan Ukhuwah Nahdiniyah, jangan sampai ada yang mengibarkan bendera lain saat hari santri berlangsung,” harap Khofifiah, yang juga selaku Ketua Umum Muslimat NU periode 2016 – 2021 itu.

Terakhir, pesan yang disampaikan Gubenur Jawa Timur itu adalah untuk mengajak disetiap kegiatan ke-NU an untuk menambah amalan Bordah dari Kyai Wahab. Adapun jumlah yang harus dibaca itu terserah.

“Hal ini berupa upaya untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan keteduhan dan kedamaian didalam hati diri kita,” pungkasnya.(kmf).

Artikel ini telah dibaca 227 kali

loading...
Baca Lainnya

Tekan Angka Kecelakaan, KAI Daop 8 Surabaya Sosialisasikan Keselamatan Perlintasan Kereta Api

Surabaya – Untuk menekan dan mengurangi angka kecelakaan di perlintasan yang masih sering terjadi setiap...

17 September 2019, 21:22 WIB

Sidang UU ITE Terkait Tudingan Korupsi Pegawai PT PELNI, Keterangan Saksi Memberatkan Terdakwa

SURABAYA – Sidang kasus vlog yang berisi kecaman terhadap pegawai PT.PELNI kembali digelar. Terdakwa Marita...

17 September 2019, 18:48 WIB

Pemkot Blitar Launching Uji Kir Berbasis IT

Blitar.deliknews – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perhubungan Kota Blitar melaunching layanan uji kendaraan bermotor...

17 September 2019, 13:48 WIB

Kabupaten Blitar Raih Penghargaan WTN 2019, Wabup Marhaenis Tingkatkan Kinerja

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten Blitar meraih penghargaan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Gubenur Jawa...

17 September 2019, 13:05 WIB

Pokmaswas Tuban Mengukuhkan Pokdarwis “Bhakti Mandiri” 

  Tuban – Malam 15 Suro di pantai Dwi Pakai BH Glondonggede Pokmaswas kabupaten Tuban...

16 September 2019, 21:05 WIB

Anggota Kodim 0808/Blitar Ikut Berpartisipasi Program Free Even Wold Clean Up Day

Blitar.delinews – Dalam rangka mendukung Program free Even Wold Clean Up Day Anggota Koramil 0808/14...

Foto/istimewa

15 September 2019, 22:11 WIB

loading...