Jawa Timur

Minggu, 7 Juli 2019 - 16:15 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Kapolres Kota Blitar Launching Bus SIM Keliling

Blitar.deliknews – Bus SIM keliling milik Polres Blitar Kota secara resmi dilaunching Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si, didamping oleh Plt. Walikota Blitar Santoso beserta jajaranya di depan Kantor Walikota Blitar, Jalan Merdeka Kota Blitar, Minggu (07/07/2019) pagi.

Dalam kesempatanya, AKBP Adewira Siregar mengatakan, bagi Pengendara kendaraan bermotor di jalan raya wajib hukumnya untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Kewajiban untuk memiliki SIM harus disesuaikan dengan kendaraan yang dikemudikanya dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 pasal 77 ayat 1.

Tambahnya, untuk pengawasan terhadap pemegang SIM maka surat izin ini pun dibuat hanya berlaku selama 5 tahun dan bisa dilakukan perpanjangan di kantor satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas) yang ada di seluruh Indonesia dan sekarang bisa lewat Bus SIM keliling ini.

Selain itu juga, adanya Bus SIM keliling ini untuk memberikan kemudahan dan kelancaran terhadap masyarakat pemegang SIM yang akan melaksanakan perpanjangan SIM, dan Polri telah menyediakan layanan SIM keliling dan SIM corner. Hal ini guna memberikan peningkatan pelayanan kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Blitar kota.

“Dengan adanya Pelayanan SIM Keliling ini, karena ini sifatnya mobil, kita menjangkau wilayah-wilayah yang tidak hanya di kota saja, tetapi bisa ditingkat kecamatan bahkan tingkat kelurahan,” ujarnya.

“Perlu kami informasikan juga, bahwa bus ini diawaki oleh para petugas – petugas pelayanan. Antara lain, Polri, petugas medis atau dokter, petugas BRI dan teknisi yang terlatih khusus. Ini juga sudah dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang terakses secara online,” sambung Adewira.

Dikatakanya, launching SIM keliling ini merupakan bagian dari upaya Polres Blitar Kota untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, khususnya pelayanan SIM, kami berharap kepada seluruh masyarakat bisa menggunakan layanan ini dengan sebaik-sebaiknya.

“Semoga dengan di launchingnya Bus SIM keliling pagi hari ini dapat memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan harapan,” pungkasnya.

Rangkaian launching Bus SIM keliling ini selain diandai dengan menjatuhkan kendi oleh Kapolres Blitar, juga ditandai dengan pemotongan pita oleh Plt Walikota Blitar. Dan untuk memeriahkan acara tersebut, Polres Blitar juga menggelar jalan sehat dengan mengambil tema “#Indonesia Bersatu”.(jun)

Artikel ini telah dibaca 107 kali

Baca Lainnya
loading…