Kamis, 4 Juli 2019 - 16:41 WIB

Rangakaian Hari Jadi Kabupaten Blitar dan HUT RI Ke-74, Pemkab Blitar Gelar Lomba Bank Sampah

Blitar.deliknews – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI Ke 74, Hari Jadi Kabupaten Blitar Ke 695 dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019, Pemkab Blitar menggelar Lomba Bank Sampah se-Kabupaten Blitar, acara ini belangsung tanggal 22 s/d 24 Juli 2019.

Saat dikonfirmasi oleh awak media Deliknews.com Krisna Triatmanto saat menghadiri Acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kamis (4/7/2019) di Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro mengatakan, setelah sosialisasi bank sampah lewat Media Elektronik, Cetak, Online dan media Sosial Media, ternya banyak sekali yang tertarik dengan bank sampah.

Dari Dinas Lingkungan Hidup perlu banyak diskusi, sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat. Dari data base untuk bank sampah ada 83 yang tersebar di beberapa kecamatan, setelah ada diskusi dan pembinaan mungkin akan ada bank sampah diseluruh kecamatan ataupun pedesaan.

“Sedangkan untuk kriteria penilaian perlombaan diantaranya, pengelolaan dan volume sampah, Administrasi, Kelembagaan dan pertisipasi masyarakat, Jumlah Nasabah dan Omset/kas bank sampah,” tururnya.

Diterangkan Krisna, semua sampah organik maupun sampah non organik semua laku, tinggal cara mengolah dan penjual pada pengepul. Sementara itu kegiatan ini belum bisa maksimal karena keterbatasan tenaga untuk mengelola bank sampah. Setiap hari jumat karyawan DLH di wajibkan membawa sampah dari rumah untuk disetorkan ke bank sampah Balistik.

“Untuk karyawan wajib membawa sampah minimal satu kilo lalu disetorkan di bank sampah balistik dan ini wajib dilaksanakan oleh semua karyawan. Bank sampah ini sangat banyak manfaatnya selain mengurangi polusi udara dari hasil menabung masyarakat bisa membayar sekolah, membayar listri dan membayar tagihan listrik,” terang Krismanto

Bank sampah berdiri karena adanya keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.(kmf).

Artikel ini telah dibaca 8172 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...