Kamis, 4 Juli 2019 - 15:55 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Rubah Perilaku Masyarakat Mengenai Sampah

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS). Acara ini difokuskan di Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro dengan acara bersih sampah bersama pegiat lingkungan, Kresekmen, Sahabat Lingkungan, Bersama Masyarakat Desa Jatinom dan DLH Kamis, (4/7/2019).

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM melalui Krisna Triatmanto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar dalam keterangannya mengatakan, penanganan terkait sampah di Kabupaten Blitar membutuhkan sarana prasarana infrastruktur yang memadai.

Namun sebenarnya jauh lebih penting dari itu adalah perilaku masyarakat. Selama ini masyarakat masih menganggap sampah jadi musuh, sampah jadi pengganggu, harus diubah paradigma itu.

“Perlu segera dipersiapkan TPS/Kontainer dan untuk warga Jatinom segera mengoperasikan TPS3R untuk menanggulangi timbunan sampah. Dengan mendorong karangtaruna untuk mengelola sampah dan mendirikan bank sampah,” terang Krismanto

Ia menyampaikan pengelolaan sampah yang baik sebenarnya dimulai dari sumbernya. Dari masing-masing rumah tangga. Caranya dengan memberikan edukasi sehingga secara perlahan dapat mengubah perilaku dan mindset masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, menurut Krisna sudah melakukan itu. Ia mengaku setiap minggu paling tidak dua kali diminta untuk memberikan edukasi terkait pengelolaan sampah. Itu bagi dia menjadi indikator kesadaran masyarakat.

“Artinya, masyarakat ini sudah tumbuh kesadaran. Mereka sudah paham bahwa sampah harus dikelola dengan baik,” tutur dia.

Adapun target dari Kabupaten Blitar bersih sampah tahun 2019, Krisna berpendapat bukan berarti Kabupaten Blitar harus sepenuhnya terbebas dari sampah. Akan tetapi, paling tidak, sampai akhir tahun 2019, sampah di Kabupaten Blitar sudah dibuang pada tempatnya.

Perlu diketahui, World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tidakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. Hari Lingkungan Hidup diperingati sejak tahun 1972 dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB. (kmf)

Artikel ini telah dibaca 8147 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...