Pemkab Blitar launching Batik Khas Blitar dan Tetapkan Logo Hari Jadi

  • Whatsapp

Blitar.deliknews – Bertepan Hari Jadi Blitar ke – 695, Bupati Blitar Drs. H. Rijanto MM, meresmikan logo dan melaunching batik khas Blitar yang diselenggarakan di Amphiteater Penataran, Kecamatan Nglegok, Kamis (27/6/2019) malam kemarin.

Dari peresmian logo, ada hal yang menarik yakni berupa unsur Triangle Diamond (Sirah Kencong, Pantai dan Candi) juga terdapat ikan Koi besar yang melingkari angka 695.

Muat Lebih

Logo hari jadi Blitar 2019

Sedangkan batik Blitar yang dilaunching ada puluhan motif yang melambangkan sejarah dan kearifan lokal Kabupaten Blitar, namun diberi sentuhan warna kekinian.

Menurut Bupati Blitar Rijanto usai acara mengatakan, batik khas Blitar yang dilaunching hari ini merupakan hasil rancangan para designer lengkap melalui pola perwalian pada batiknya.

Selain itu, ada puluhan macam motif yang dirancang oleh para designer yang dipadukan dengan sejarah dan kearifan lokal Kabupaten Blitar, serta ditambah sentuhan warna kekinian.

“Harapannya, setelah acara peresmian logo Hari Jadi dan launching batik khas Blitar, bisa menjadi semangat untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan,” tuturnya.

Ia juga menuturkan, selain batik dengan corak relief Candi Palah atau yang lebih dikenal dengan Candi Penataran, ada juga yang bermotif menceritakan asal usul nama desa-desa di Kabupaten Blitar.

“Terima kasih penggiat batik yang berkarya menciptakan batik khas Kabupaten Blitar. Kami berharap ke depan batik khas Blitar ini semakin berkembang. Industri batik semakin maju Sehingga dapat megangkat perekomomian Kabupaten Blitar,” tandasnya.

Tidak hanya sekedar meresmikan logo hari jadi Kabupaten Blitar dan melaunching batik khas Blitar saja, namun didalamnya juga diadakan pameran produk dari Industri Kecil Menengah (IKM) batik dan kerajinan tangan binaan Pemkab Blitar.(hms).

Pos terkait

loading...