Dinkes Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Pasar Sehat

  • Whatsapp

Blitar.deliknews – Program merevitalisasi pasar tradisional menjadi salah satu program penting untuk mengubah imej, dimana pasar pada umumnya mempunyai kesan dalam kondisi yang kumuh, kotor dan becek serta buat parkir pun susah.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengadakan sosialisasi pengelolaan Tempat Tempat Umum (TTU) pasar dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (24/6/2019) kemarin di ruang rapat kantor Dinas Kesehatan Jalan Semeru No.50, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Muat Lebih

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, Agus Suparnadi, SE, M. M. Kes yang mana kegiatan ini diikuti seluruh perwakilan pengelola pasar yang ada di Kabupaten Blitar, serta beberapa staf yang membidangi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yaitu Disperindag, Dishub dan Satpol PP.

Pada kesempatannya Agus Suparnadi mengatakan, melalui
Penyelenggaraan pasar sehat diharapkan menghilangkan persepsi negatif tentang pasar rakyat yang kotor menjadi pasar yang bersih, aman, yaman, segar dan terpercaya.

“Persepsi negatif itu harus dihilangkan, sehingga pasar tradisional akan mampu bersaing dengan pasar/toko modern,” ujarnya.

Narasumber dari Dinkes Provinsi Jawa Timur Ahmat SKM, M. Kes juga mengatakan, Ada empat prinsip revitalisasi pasar yang dicanangkan. Salah satunya menciptakan lingkungan pasar yang menarik dan berdampak positif serta dapat meningkatkan dinamika dan kehidupan sosial masyarakat.

Sedangkan untuk mencapai tujuan program ini, menurut narasumber perlu tersedianya infrastruktur pengelolaan pasar yang memenuhi syarat kesehatan yang berkesinambungan, serta dukungan perilaku pedagang dan pengunjung untuk hidup bersih, sehat dan hygenis.

“Sesuai tugas dan fungsi instansi masing – masing, Dinas Kesehatan melalui program pemberdayaan pasar terpadu menjadi pasar sehat,” pungkasnya.(kmf)

Pos terkait

loading...