Senin, 17 Juni 2019 - 20:18 WIB

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto Mm memberikan arahan kepada PNS yang akan purna tugas/pensiun di tahun 2020, di kantor Bupati Blitar, ruang candi penataran. (Foto by Bang Jun)

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto Mm memberikan arahan kepada PNS yang akan purna tugas/pensiun di tahun 2020, di kantor Bupati Blitar, ruang candi penataran. (Foto by Bang Jun)

PNS Yang Akan Purna Tugas, Dibekali Ketrampilan Oleh Bupati Blitar

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Drs. H. Rijnto MM melepas 50 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan purna tugas/pensiun untuk mengikut orientasi persiapan pensiun di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wonojati Malang.

Bertempat di kantor Bupati Blitar, Kanigoro, ke – 50 orang PNS yang akan memasuki masa pensiun tadi di berangkat Bupati untuk mengikuti pelatihan ketrampilan selama 5 hari dimulai dari tanggal 17 Juni sampai 21 Juni 2019.

Sebelum di berangkatkan, Bupati memberikan arahan kepada peserta, dimana kegiatan ini diadakan guna memberikan tambahan wawasan dan bekal ketrampilan agar lebih siap ketika memasuki masa pensiun.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya Post power Syndrome, yang mana menurutnya adalah sebuah gejala yang terjadi di mana penderita, hidup dalam bayang – bayang kebesaran masa lalunya dan seakan -akan tidak bisa memandang realita yang ada saat ini.

Walaupun begitu pihaknya mengakui, bahwa kegiatan persiapan menjelang pensiun ini diadakan ada yang pro dan kotra. Yang kontra hal ini adalah sesuatu yang dianggap wajar, sehingga tidak perlu disiapkan. Sedangkan yang pro, perlu diadakan.

“Yang terpenting di dalam masa pensiun, seorang bisa menyesuaikan diri. Lebih – lebih malah bermanfaat terhadap orang lain ketimbang dirinya masih menjadi PNS, karena nanti akan dibekali ketrampilan,” tutur Bupati kepada peserta yang akan mengikuti orientasi.

“Kegiatan seperti ini sudah yang ketiga kalinya diadakan. Mengingat anggaran, Pemkab Blitar tidak bisa mengikutsertakan semuanya untuk mengikuti pelatihan,” kata Bupati lagi.

Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar. Ia mengatakan, jumlah PNS yang akan pesiun/purna bhakti di tahun 2020 sebanyak 566 PNS. Dari jumlah tersebut hanya puluhan saja yang diberangkatkan saja, mengingat anggaranya tidak mencukupi.

“Mengingat anggaran sangat terbatas, hanya unsur pelaksana tugas atau staf yang diberangkatkan,” pungkasnya.(kmf).

Artikel ini telah dibaca 195 kali

loading...
Baca Lainnya

Tekan Angka Kecelakaan, KAI Daop 8 Surabaya Sosialisasikan Keselamatan Perlintasan Kereta Api

Surabaya – Untuk menekan dan mengurangi angka kecelakaan di perlintasan yang masih sering terjadi setiap...

17 September 2019, 21:22 WIB

Sidang UU ITE Terkait Tudingan Korupsi Pegawai PT PELNI, Keterangan Saksi Memberatkan Terdakwa

SURABAYA – Sidang kasus vlog yang berisi kecaman terhadap pegawai PT.PELNI kembali digelar. Terdakwa Marita...

17 September 2019, 18:48 WIB

Pemkot Blitar Launching Uji Kir Berbasis IT

Blitar.deliknews – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perhubungan Kota Blitar melaunching layanan uji kendaraan bermotor...

17 September 2019, 13:48 WIB

Kabupaten Blitar Raih Penghargaan WTN 2019, Wabup Marhaenis Tingkatkan Kinerja

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten Blitar meraih penghargaan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Gubenur Jawa...

17 September 2019, 13:05 WIB

Pokmaswas Tuban Mengukuhkan Pokdarwis “Bhakti Mandiri” 

  Tuban – Malam 15 Suro di pantai Dwi Pakai BH Glondonggede Pokmaswas kabupaten Tuban...

16 September 2019, 21:05 WIB

Anggota Kodim 0808/Blitar Ikut Berpartisipasi Program Free Even Wold Clean Up Day

Blitar.delinews – Dalam rangka mendukung Program free Even Wold Clean Up Day Anggota Koramil 0808/14...

Foto/istimewa

15 September 2019, 22:11 WIB

loading...