Jawa Timur

Jumat, 14 Juni 2019 - 00:45 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Bupati Blitar, Gelar Acara Halal Bihalal Bersama IPSI Dan Perguruan Silat Se-Blitar

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM menghimbau kepada seluruh perguruan yang ada di wilayahnya untuk saling menjaga kerukunan dan ketentraman antar perguruan pencak silat.

Hal ini disampaikan Bupati pada saat Halal Bihalal bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Perguruan silat se-Blitar Raya di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Kamis (13/6/2019) malam.

Menurut Rijanto, olah raga Pencak Silat yang merupakan budaya asli bangsa Indonesia ini harus dipertahankan. Dimana didalam olah raga Pencak Silat terdapat nilai – nilai luhur yang selalu mengedepankan keharmonisan didalam bermasyarakat.

Selain itu, pencak silat dapat menumbuhkan generasi – generasi bangsa yang pemberani dan berkarakter yang kuat. Sehingga, bisa mengangkat derajat bangsa Indonesia di mata dunia.

Maka dari itu, dalam kesempatannya, Bupati berharap IPSI harus dapat menfasilitasi setiap ada permasalahan dan harus mengedepankan kerukunan antar perguruan supaya tidak timbul perpecahan sesama bangsa.

“IPSI harus mengedepankan kerukunan antar perguruan. Suasana kondusif yang telah terbangun sejak dulu di Blitar Raya ini, harus dipertahankan,” begitu kata Bupati Blitar yang juga selaku Ketua IPSI Kabupaten Blitar dua periode ini dihadapan ke – 15 perguruan pencak silat yang hadir di acara tersebut.

Selain itu, orang nomer satu di lingkup Pemerintahan Kabupaten Blitar ini mengharap kepada perguruan – perguruan yang ada diwilayahnya untuk menumbuhkembangkan seni bela dirinya pada generasi mulai sejak dini hingga dewasa. Sebagaimana olah raga pencak silat ini, olah raga yang merakyat dan banyak digemari masyarakat.

“Melalui Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Blitar, para jawara (atlet) yang tergabung dalam IPSI mampu menoreh prestasi diajang pagelaran kejuaraan yang digelar maupun yang diikutinya,” pungkas Rijanto.

Acara ini juga di hadiri Unsur Forkopimda, di antaranya Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha, Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, dan Komandan Kodim 0808 Letkol Inf Kris Bianto yang kesemuanya juga ikut memberikan arahan mengenai Kamtibmas kepada anggota perguruan silat yang hadir. (kmf).

Artikel ini telah dibaca 44 kali

Baca Lainnya
loading…