Jawa Timur

Kamis, 13 Juni 2019 - 12:09 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Tahapan Pilkades Serentak Dimulai, Bupati Blitar Berharap Semua Yang Terlibat Kuasai Aturan

Blitar.deliknews – Jelang pemilihan kepala desa serentak di wilayah Kabupaten Blitar tahun 2019. Pemerintah Kabupaten Blitar mulai melakukan tahapan-tahapan. Setelah menggelar acara peresmian Dukungan Elemen Satuan Kinerja (DESK) Pilkades serentak. Hari ini kembali menggelar acara Pembukaan Tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Blitar tahun 2019, bertempat di Ruang Candi Penataran Pemkab Blitar, Kamis (13/06/2019).

Ketua DESK Pilkades Serentak 2019, Totok Subihandono melalui Wakilnya, Achmad Husein mengatakan kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang kemarin diselenggarakan di Pendopo Ronggo Hadinegoro. Sesuai dengan SK Bupati nomor 188/273/409.06/KPTS/2019 tentang Penetapan Desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di wilayah Kabupaten Blitar tahun 2019
Keputusan Bupati Blitar nomor 188/273/409.06/KPTS/2019, bahwa semuanya berjumlah 167 desa yang melaksanakan pilkades serentak.

“167 bukan jumlah yang sedikit, kegiatan kolosal yang melibatkan banyak manusia, melibatkan petugas dan melibatkan panitia,” tandasnya.

Dikatakannya, oleh sebab itu kegiatan pilkades serentak ini perlu diatur dengan sebaik-baiknya melalui keputusan Bupati yang mengacu pada Permen, Perda, dan UU, yang tahapan itu dimulai kemaren. Untuk pelaksanaan pilkades serentak, Pemkab Blitar telah menyiapkan lembaga badan DESK yang merupakan tim fasilitasi untuk menfasilitasi para Camat, Kades, Ketua BPD dan Panitia agar pelaksanaan pilkades dipastikan berjalan tertib, aman, dan lancar.

“Untuk kegiatan hari ini pesertanya para Camat, Kepala Desa dan Ketua BPD, dan kegiatan ini untuk mempersiapkan pelaksanaan pilkades sesuai dengan ketentuan dan aturan,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan tahapan pilkades serentak sudah dimulai hari ini, kali ini yakni penjelasan teknis dan masukan-masukan dari Kepala Desa, BPD dan mereka yang terlibat dalam pilkades.

“Harapannya mereka menguasai aturan dan tentu mereka bekerja secara netral, saya juga berharap kepada masyarakat yang punya hak pilih, agar menggunakan hak pilihnya pada pilkades serentak nanti,” pungkas Bupati.(mhs)

Artikel ini telah dibaca 84 kali

Baca Lainnya
loading…