Kamis, 13 Juni 2019 - 08:03 WIB

Owner Wisata Kampung Coklat Blitar Gelar Kirab dan Kenduri Ketupat

Blitar.deliknews – Tradisi kirab dan kenduri ketupatan pada hari ke – 7 idhul fitri merupakan bentuk nguri – nguri budoyo jowo (red, melestarikan budaya jawa). Tradisi ini yang setiap tahunnya diadakan oleh owner wisata dukasi Kampung Coklat, Cholid Mustofa.

Menurut Cholit, didalam kirab dan kenduri ketupat ada nilai yang sangat besar yaitu bentuk syukur atas segala yang diberikan oleh Sang Pencipta berupa rejeki yang kita dapat, lebih luasnya lagi sebuah kemakmuran yang telah diberikan kepada kita semua.

Lebih lanjut Cholit menjletrehkan, bahwa budaya kenduri di dalam agama islam adalah fitrah dari akal dasar manusia yang Allah tanamkan dalam jiwa kita semua. Selain itu, budaya kenduri adalah hasil cipta, karsa, dan rasa suatu masyarakat atau bangsa yang anggap baik dan diaplikasikan dalam tatanan kehidupan kita.

“Islam sebagai agama yang Universal dari segi waktu, tempat, dan kandungan ajarannya. Maka dari itu, kita tidak meninggalkan budaya jawa. Dan kita berkewajiban untuk melestarikan terus,” urai Cholit, Rabu (12/6) pada acara kirab dan kenduri ketupat yang ia gelarnya.

Tambahnya, ketupat yang ia susun menyerupai tumpeng itu nantinya akan diarak mengelilingi wilayah Kecamatan Kademangan, kemudian dilanjutkan
acara Kenduri bersama yang didalamnya diisi tausiyah agama dan pembacaan doa.

Cholid berharap, acara kenduri ketupat yang diadakan ini dapat dipahami oleh anak cucu kita semua, dimana mereka merupakan sebagai penerus generasi bangsa yang berdiri ditanah jawa ini dan menganut agama Islam sebagai kepercayaan, sehingga agama Islam harus tetap dipegang erat dan budaya jawa harus tetap dilestarikan.

“Budaya jawa adalah budaya adiluhung. kebudayaan jawa tidak merubah akidah kita dan kepercayaan kita kepada Allah SWT dan Alquran – Hadist,” pungkas Cholid.

Terahir, gelaran kirab dan kenduri ketupat selalu dinantikan warga Blitar, karena diakhir acara mereka bisa menikmati ketupat secara gratis. Tidak hanya itu, acara ini juga mampu menyedot wisatawan dari luar daerah.

Artikel ini telah dibaca 185 kali

loading...
Baca Lainnya

Diklatpim IV Pemkot Blitar, Proyeksinya Bisa Ada Perubahan

Blitar.deliknews – Sebanyak 40 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV yang diselenggarakan...

20 Agustus 2019, 19:31 WIB

Guna Meningkatkan Performa Calon Mahasiswa, POLTEK UBAYA Datangkan Motivator Tingkat Nasional

Surabaya – Guna meningkatkan mutu kualitas performa dan wawancara saat mencari kerja , Universitas UBAYA...

20 Agustus 2019, 15:35 WIB

Pemkab Blitar Kembangkan SDM Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Blitar.deliknews – Upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Blitar...

20 Agustus 2019, 15:01 WIB

Melongok Aksesoris Kulit Sepeda Kuno Ala Sumadi Seng

MAGETAN – Kerajinan tangan berbahan kulit sapi atau kambing yang dihasilkan para perajin Kabupaten Magetan...

19 Agustus 2019, 22:42 WIB

Launching tali bumi Ini kata Bupati Blitar

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Rijanto meresmikan kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan...

19 Agustus 2019, 12:00 WIB

Layani Seks Threesome, Wanita Asal Jember Diciduk Unit PPA Polrestabes Surabaya

Surabaya – Jaringan prostitusi melalui online yang menawarkan layanan seks threesome kembali dibongkar oleb Unit...

17 Agustus 2019, 17:26 WIB