Jawa Timur

Rabu, 12 Juni 2019 - 23:35 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Guna Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019, Bupati Blitar Resmikan DESK

Blitar.deliknews – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2019 mendatang. Untuk itu Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM meresmikan Dukungan Elemen Satuan Kinerja (DESK) pada Pilkades serentak tahun 2019, Rabu (12/6/2019) di Pendopo Ronggo Hadinegoro.

Keanggotaan DESK itu sendiri meliputi, pengarah yang dipegang langsung oleh Bupati Blitar, Wakil Bupati sebagai penanggungjawab, Koordinator diambil dari unsur Forpimda. Sedangkan ketua DESK dijabat oleh Sekretaris Daerah, Totok Subihandono, Wakil Ketua dari Asisten Pemeritahan dan Kesra, Mochamad Husein, Sekretaris, Bambang Dwi dari Kepala Bagian Pemerintahan dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, Camat serta Muspika menjadi anggota di dalam DESK.

“DESK Pilkades yang sudah terbentuk harus menguasai aturan-aturan yang ada, setelah menguasai mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) di Wilayah masing-masing,” ujar Rijanto usai peresmian DESK Pilkades 2019.

Menurut Bupati, Kabupaten Blitar di tahun 2019 ini, akan mengadakan Pilkades serentak sejumlah 167 desa, 4 desa diantaranya masih menunggu proses penentapan. Yang mana pelaksanaan Pilkades itu tentunya, tambahnya ada beberapa tahapan-tahapannya.

“Diantaranya, tahap persiapan dimulai 18 Juni sampai 27 Agustus 2019, tahap pencalonan 30 Juli sampai dengan 14 Oktober 2019, pemungutan suara 15 Oktober sampai 18 Oktober 2019 dan tahap penetapan 16 Oktober sampai 13 Desember 2019 sekaligus pelantikan,” terang Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Blitar mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk membantu menjaga kesehatan para panitia penyelengara Pilkades serentak dan juga anggota DESK yang ada sampai ditingkat kecamatan.

“Seperti diingatkan oleh Kapolres Blitar, Dandim 0808 juga memberi masukan diantaranya masalah kesehatan. Dimana, pengalaman waktu pilpres dan pileg kemarin karena kita lengah terhadap kesehatan para petugas di lapangan ada kejadian meninggal dunia meskipun sebelumnya memang sudah sakit,” tambahnya.

Terakhir, dengan adanya Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Blitar Tahun 2019, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk berpatisipasi dalam mensukseskan pemilihan, agar dapat berjalan dengan lancar, demokratis dan menghasilkan pemimpin Pemerintah Desa yang berkualitas.(hms).

Artikel ini telah dibaca 172 kali

Baca Lainnya
loading…