Jawa Timur

Rabu, 12 Juni 2019 - 15:59 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Bagian Pemerintahan Setdakab Blitar Gelar Peresmian DESK Pilkades Serentak 2019

Blitar.deliknews – Bagian Pemerintahan Sekretariatan Daerah Kabupaten (Setdakab) Blitar, menggelar acara peresmian Dukungan Elemen Satuan Kinerja (DESK) pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Blitar tahun 2019, yang langsung diresmikan oleh Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM, di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Rabu (12/6/2019).

Bagian Pemerintahan Setdakab Blitar yang selaku penyelenggara kegiatan, mengundang seluruh Camat se-Kabupaten Blitar, Forpimda serta Muspika yang semua itu selaku unsur DESK untuk di berikan pemaparan mengenai tugas dan tanggungjawab di dalam pelaksanaan Pilkades serentak di tahun 2019 ini.

Seperti yang disampaikan ketua DESK, Totok Subihandono melalui Wakilnya, Achmad Husein, sekaligus menjadi pembuka acara tersebut, yang menjadi dasar hukum pelaksanaan Pilkades serentak ini mengacu pada, Keputusan Bupati Blitar Nomor : 188/238/409.06/KPTS/2019, Tentang Pembentukan Dukungan Elemen Satuan Kinerja Pemilihan Kepala Desa Serentak Di Wilayah Kabupatrn Blitar Tahun 2019.

Ia juga menambahkan, bahwa desa yang bakal menggelar pemilihan serentak ada 163 desa terdiri di 22 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Blitar. Hal itu, sebagaimana telah ditetapkan juga oleh Keputusan Bupati Blitar nomor 188/273/409.06/KPTS/2019 tentang Penetapan Desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di wilayah Kabupaten Blitar tahun 2019.

“Mengenai honorarium untuk pelaksanaan tugas DESK Pilkades, biaya pelantikan Kades, serta honorarium, makanan dan minuman petugas keamanan dari aparat Polri, TNI dan Satpol PP dan gelar pasukan kesiapan pengamanan Pilkades dibebankan pada APBD Kabupaten Blitar Tahun Anggaran 2019 pada Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa,” kata Husein pada sambutanya.

“Sedangkan terkait pengadaan dan biaya pendistribusian logistik Pilkades, honorarium panitia, Pantarlih dan KPPS, serta petugas tingkat kecamatan, dibebankan juga pada APBD Kabupaten Blitar Tahun Anggaran 2019 yang melekat di Kecamatan, masing – masing desa mendapat anggaran sebesar Rp. 50.000.000,” sambungnya.

Sementara, menurut Kepala Bagian Pemerintahan, Bambang Dwi Purwanto, untuk penyusunan RKA kegiatan Pilkades tersebut mengacu pada Keputusan Bupati Blitar Nomor : 188/239/409.06/KPTS/2019 Tentang Standar Biaya Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Di Wilayah Kabupaten Blitar Tahun 2019.

“Panitia bisa mengajukan nota dinas untuk meminta penambahan anggaran jika ada kekurangan dalam menyusun RKA mengenai pelaksanaan pemilihan Pilkades,” terang Dwi.

Selain itu ia juga mengatakan, dari 163 desa yang sudah tertuang dalam Keputusan Bupati, ada 4 desa yang masih dalam proses penetapan. Adapun 4 desa itu yaitu, Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi, Desa Tunjung Kecamatan Udanawu, Desa Kalipucung Kecamatan Sanankulon dan Desa Maron Kecamatan Kademangan.

“Kalau kita tunda nantinya Pemkab Blitar bakalan menyiapkan 167 PNS untuk menjadi Pejabat Sementara (Pjs).kepala desa. Sebab untuk masa paling akhir jabatan ke-empat kepala desa itu berakhir pada tanggal 30 Desember 2019. Atas intruksi Bupati sambil menunggu proses penetapan, maka ke-empat kepala desa tersebut akan kita ajukan mengikuti Pilkades serentak di tahun ini,” tandasnya.

Setelah penyampian pemaparan dari ketua DESK yang diteruskan dengan oleh Kabag Pemerintahan. Pada kesempatanya, Bupati Blitar secara langsung meresmikan DESK Pilkades serentak tahun 2019 tersebut. (kmf).

Artikel ini telah dibaca 53 kali

Baca Lainnya
loading…