Jawa Timur

Selasa, 11 Juni 2019 - 14:25 WIB

1 minggu yang lalu

logo

DPRD Kabupaten Blitar, Secara Maraton Siapkan Perda Pilkades Serentak

Blitar.deliknews – Terkait empat usulan Ranperda Eksekutif, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Heri Romadhon memastikan pihaknya siap melakukan rapat secara maraton. Hal ini disampaikan Heri, usai menggelar acara Halal Bihalal di kantornya, Selasa (11/6/2019).

Diketahui, usulan Ranperda tersebut meliputi, pertama, Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2016 tentang Pemerintahan Desa, kedua, Rancangan Peraturan Daerah tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), ketiga, Rancangan Peraturan Daerah tentang Sistem Perencanaan Penganggaran dan Pengendalian Pembangunan Daerah dan yang terakhir, keempat Rancangan Peraturan Daerah tentang Sistem Penyediaan Air Minum Daerah.

“Hal ini sesuai juga dengan pasal 149 dan pasal 150, UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Desa. Sehingga fungsi legislatif untuk membentuk perda merupakan fungsi utama DPRD sebagai badan legislatif daerah,” ungkap Heri.

Selain itu, ia juga memastikan, pihaknya berjanji dalam kurun waktu kurang satu bulan kedepan Ranperda yang di usulakan Eksekutif akan menjadi Perda. “Dan kami berjanji akan segera menyelesaikannya, tidak lebih dari satu bulan kedepan,” imbuhnya.

Lebih lajut Heri mengatakan, Perda ini sangat dibutuhkan untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di tahun ini. Dimana salah satu Perda ini mengatur tentang mekanisme atau tatacara pemilihan.

“Karena waktunya sudah mepet, sudah barang tentu kita mengharapkan Eksekutif lebih bersinergi dengan kita, dalam rangka pembahasan – pembahasan yang bisa dilakukan siang dan malam,” ujar Heri.

Sedangkan untuk menghadapi permasalah – permasalah yang sering terjadi selama pemilihan, Panitia Khusus (Pansus) DPRD akan melakukan hearing bersama masyarakat dan Eksekutif untuk mencari masukan – masukan dan akan kita masukan kedalam draf Ranperda. “tutup calon anggota DPRD Provinsi Jawa Timur terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya
loading…