Jawa Timur

Rabu, 29 Mei 2019 - 22:02 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Aplikasi Puja Indah Mempermudah Untuk Mengakses Program Pemerintah

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terus berupaya memperbarui langkah untuk memudahkan masyarakat ketika akan mengakses berbagai macam program pemerintah.

Demi itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Blitar bakal menciptakan dan meluncurkan aplikasi ‘Puja Indah’ atau Pusat Jejaring Informasi Daerah. Aplikasi itu ialah piranti yang dibuat untuk menyediakan informasi kebutuhan dasar masyarakat.

Detailnya, informasi perihal administrasi kependudukan, layanan kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, perijinan dan perdagangan.

“Kami mengumpulkan dan melibatkan sembilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk Puja Indah. Kami kembali mendorong untuk OPD itu untuk bisa mengupdate data yang dibutuhkan di aplikasi Puja Indah tersebut,” jelas Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Pemkab Blitar, Anik Nursiamah, Rabu (29/05/2019).

Anik menerangkan, Kabupaten Blitar menjadi satu diantara 44 daerah di Indonesia yang diberikan kesempatan oleh pemerintah pusat sebagai pilot project dalam realisasi program Puja Indah itu. Perwakilan dari Kabupaten Blitar juga telah menghadiri pertemuan perencanaan pembangunan aplikasi Puja Indah di Jakarta pada tanggal 8 Mei 2018 kemarin.

Setelahnya, lanjut Anik, hasil dari pertemuan itu ditindaklanjuti oleh Pemkab Blitar dengan menggelar berbagai sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pendirian aplikasi Puja Indah, mulai tanggal 16 Mei, tanggal 4 Juni, 12 dan 13 Oktober hingga tanggal 6 November 2018.

“Terakhir hari ini (Rabu, 29 Mei 2019), kami kembali mencoba menguraikan sejauh mana sembilan OPD terkait yang menjadi komposisi Puja Indah itu untuk memasukkan data informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui aplikasi tersebut,” tandas Anik.

Anik berharap, pasca diluncurkan aplikasi Puja Indah, masyarakat bisa lebih mudah dan cepat mengakses apa yang menjadi kebutuhan dasarnya, sebagaimana enam kebutuhan dasar yang menjadi menu layanan masyarakat pada aplikasi Puja Indah ini.

Pada akhirnya, sambung Anik, interaksi antara Pemerintah Kabupaten Blitar sebagai wahana layanan masyarakat, dan warga Kabupaten Blitar sebagai objek layanan, akan terjalin lebih baik dan memunculkan percepatan kesejahteraan masyarakat.(kmf).

Artikel ini telah dibaca 181 kali

Baca Lainnya
loading…