Menuju Kabupaten Blitar Smart City, Bupati Blitar Kukuhkan 258 Relawan TIK

  • Whatsapp

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM, Kamis (16/5) kemarin, mengkukuhkan pengurus Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tingkat kabupaten dengan masa khidmat 2019 – 2023, pada saat pembukaan rapat evaluasi implementasi smart city di gedung candi penataran, kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Blitar di Kanigoro.

“Relawan TIK adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang mendasarkan gerakannya pada upaya pengembangan pengetahuan, ketrampilan/ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi para anggota serta warga masyarakat,” terang Rijanto kepada para wartawan usai membuka rapat evaluasi implementasi smart city.

Muat Lebih

“Adapun tugas pokok relawan TIK adalah, mengedukasi dan mensosialisasikan pemanfaatan dan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas hidup dalam rangka menuju masyarakat Indonesia yang informatif,” sambungnya.

Menurut Rijanto, tujuan dikukuhkan pengurus Relawan TIK cabang Kabupaten Blitar yang nantinya untuk mendampingi Relawan TIK tingkat kecamatan sampai kelurahan/desa sebanyak 258 relawan yang tersebar diseluruh Kabupaten Blitar.

“Insaallah kalau semua ini berjalan, Kabupaten Smart City akan berhasil,” ujarnya.

Menyingung apa yang sudah dilaksanakan Pemkab Blitar mulai 2018, dalam rangka menuju Kabupaten Blitar Smart City, Bupati Blitar menuturkan, diawali dengan dibangunnya Command Center, yang mana memiliki dashboard sebanyak 18 aplikasi, gunanya untuk mengintregasikan layanan utama yang disediakan oleh SKPD di Pemerintah Kabupaten Blitar, seperti pengaduan, cctv disejumlah titik, dan monitoring kegiatan pemerintah.

“Sekarang kita adakan evaluasi apa yang sudah kita laksanakan, selanjutnya pelaksanaan Master Plan. Alhamdulillah sudah ada peningkatan sampai ke desa, yang dinamakan Apeldeskel,” pungkasnya.(kmf)

Pos terkait