Sinergikan Pelaporan, Dinas PMD Kabupaten Blitar Gelar Bimtek

  • Whatsapp

Blitar.deliknews = Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, hari ini Rabu (8/5/2019) di ruang pertemuan persada, kanigoro, menggelar bimtek perencanaan pembangunan desa berbasis aplikasi data desa.

Kegiatan ini, menurut Dwi Novyanto selaku Kabid Pemerintahan Desa, Pada dinas PMD Kabupaten Blitar mengatakan, ini yang kedua kalinya. Dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan aparatur Pemerintahan Desa yang mampu menyusun perencanaan Desa sesuai dengan kewenangan Desa.

Muat Lebih

Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman aparatur Desa mengenai tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan meliputi penyusunan RPJM-Des (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) dan penyusunan RKP-Des (Rencana Kerja Pemerintah Desa).

“Melalui Aplikasi Data Desa Center, nantinya baik RPJM-Des maupun RKP-Des akan terintregitas langsung dengan dinas PMD Provinsi Jawa Timur,” terang Dwi.

Disisi lain, tanggung jawab pemerintah desa setiap pelaporannya akan mudah. Bimtek ini juga guna untuk membuka wawasan, membangun kesepahaman serta meningkatkan kompetensi aparat Desa dalam menyelenggarakan pembangunan Desa yang diatur sesuai undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Melalui Bimtek ini, tentunya akan meningkatkan komunikasi, bisa tukar pengalaman dan juga koordinasi antar aparatur Pemerintah Desa,” tambah dwi.

Ia juga mengatakan, adapun maksut dan tujuan diadakanya data desa center ini, mewujudkan transparasi dan akuntabilitas perencanaan pembangunan desa, yang berbasis data potensi desa.

“Hebatnya lagi, semua didukung dengan fasilitasi secara online,” tandasnya.(kmf).

Pos terkait

loading...