Jawa Timur

Rabu, 1 Mei 2019 - 10:48 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Sukses Amankan Pemilu 2019, Polres Blitar Gelar Syukuran

Blitar.deliknews – Bupati Blitar Drs.H. Rijanto MM, Selasa (30/4) kemarin menghadiri tasyakuran atas susksesnya pengamanan pemilu 2019 yang digelar oleh Polres Blitar.

Hadir pula pada acara tersebut, Caleg DPR RI  Atheria Dahlan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, Komisioner KPU dan Bawaslu, Tokoh Agama dan Masyarakat, serta jajaran Kapolsek se-Kabupaten Blitar.

Dalam sambutan pertamanya, Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha SIK., SH., MH menyampaikan terimakasih kepada para personel Polres Blitar yang telah mengamankan jalannya rangkaian Pemilu 2019 di Kabupaten Blitar.

“Saya sangat bersyukur karena seluruh anggota Polres Blitar yang telah mengamankan jalannya Pemilu 2019 tidak ada yang sakit. Sedangkan skala nasional Informasinya sekitar 218 orang meninggal dunia sebagai pahlawan Demokrasi dan 15 diantaranya adalah Polri, sedangkan anggota Polres Blitar hanya ada tiga anggota yang memerlukan perawatan karena sakit kencing manis dan darah tinggi namun sudah sehat kembali,” ungkap Kapolres Blitar

“Selain itu, Kami juga ucapkan turut berbelasungkawa atas gugurnya Para Personil Polri, Petugas Linmas dan Petugas KPPS yang telah gugur dalam rangka Pelaksanaan Pemilu 2019 semoga amal ibadah dan pengabdian tugasnya dapat bernilai Ibadah,” Sambung Anis.

Sementara, Bupati Blitar Rijanto, dalam sambutannya mengungkapkan, pemilihan Pilpres dan Pileg 2019 mulai pencoblosan sampai rekapitulasi tingkat kabupaten, diwilayahnya telah terselesaikan dan nol kejadian.

“Hari ini, hasil dari rekapitulasi KPU Kabupaten Blitar akan diserahkan ke tingkat Provinsi dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian,” kata Bupati

Ia juga menambahkan, kalau
tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih melebihi target sebesar 80,73% dari capaian target nasional sebanyak 77,5 %.

“Pemilu 2019 adalah pemilu yang luar biasa, walaupun tingkat kesulitannya tinggi, namun partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS sangat bagus. Sehingga, di Jawa Timur Kabupaten Blitar nomor satu tingkat partisipasinya,” ungkapnya.

Menurutnya, ini juga tak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Blitar yang ikut mendorong meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat melalui sosialisasi yang sering diselenggarakanya, baik indoor maupun outdoor.

Selain itu juga, terjalinnya kekompakan antar penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu dan pengamanan oleh Polri, TNI dan Linmas.

“Suksesnya pemilu 2019 ini, tak kalah penting adanya rasa aman, nyaman dan tertib, yang kesemuanya berkat jaminan keamanan dari pihak Kepolisian dan TNI yang dibantu unsur Limas dan unsur lainya, baik pra maupun pasca pemilu,” pungkas Rijanto.(kmf).

Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya
loading…