Jumat, 12 April 2019 - 07:28 WIB

Untuk Capaian 100% Air Minum, Pemkab Blitar Sudah Habiskan 11 Milyard Lebih

Blitar.deliknews – Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Ada 19 desa sepanjang tahun 2018, dimana Pemerintah Kabupaten Blitar telah melaksanakan program tersebut. Untuk itu, Kamis (11/4/2019) kemarin, Bupati Blitar Drs. H.Rijanto MM secara simbolis meresmikan program Pamsimas tersebut dengan pemotongan pita dan penandatangan batu prasasti di Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar.

Menurut Bupati dalam amanahnya mengatakan, program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah pedesaan.

Selain itu, dengan Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

“Kedepan akan kita tingkatkan lagi untuk pemenuhan akses layak air minum masyarakat. Yakni, akses air minum yang mempunyai kualitas dan kuantitas yang tinggi, sehingga pada musim kemarau air minum masyarakat tercukupi,” ujar Rinjanto usai acara peresmian.

“Tidak hanya pemanfaatan air minum saja, namun menjaga kelestarian sumber air dan bangunan adalah tanggung jawab pemerintah desa setempat bersama masyarakat, sehingga adanya Pamsimas ini benar – benar dapat dirasakan,” sambung Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Agus Santosa mengatakan, “Dalam capaian air bersih diwilayah Kabupaten Blitar adanya peningkatan anggaran ditahun ini. Semula 3,43 milyard untuk tahun 2018 lalu dan sekarang menjadi 6,169 milyard lebih,” pungkasnya.

Perlu dietahui, program Pamsimas ini adalah program ketiga kalinya yang dimulai sejak 2017-2019. Hal ini merupakan komitmen pemerintah pusat untuk capaian air bersih 100% dengan Millennium Development Goals sektor Air Minum dan Sanitasi (WSS-MDG), sedangkan di Kabupaten Blitar alokasi anggaran sudah mencapai 11 milyard untuk program tersebut.(hms)

Artikel ini telah dibaca 236 kali

loading...
Baca Lainnya

Diklatpim IV Pemkot Blitar, Proyeksinya Bisa Ada Perubahan

Blitar.deliknews – Sebanyak 40 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV yang diselenggarakan...

20 Agustus 2019, 19:31 WIB

Guna Meningkatkan Performa Calon Mahasiswa, POLTEK UBAYA Datangkan Motivator Tingkat Nasional

Surabaya – Guna meningkatkan mutu kualitas performa dan wawancara saat mencari kerja , Universitas UBAYA...

20 Agustus 2019, 15:35 WIB

Pemkab Blitar Kembangkan SDM Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Blitar.deliknews – Upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Blitar...

20 Agustus 2019, 15:01 WIB

Melongok Aksesoris Kulit Sepeda Kuno Ala Sumadi Seng

MAGETAN – Kerajinan tangan berbahan kulit sapi atau kambing yang dihasilkan para perajin Kabupaten Magetan...

19 Agustus 2019, 22:42 WIB

Launching tali bumi Ini kata Bupati Blitar

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Rijanto meresmikan kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan...

19 Agustus 2019, 12:00 WIB

Layani Seks Threesome, Wanita Asal Jember Diciduk Unit PPA Polrestabes Surabaya

Surabaya – Jaringan prostitusi melalui online yang menawarkan layanan seks threesome kembali dibongkar oleb Unit...

17 Agustus 2019, 17:26 WIB