Sabtu, 6 April 2019 - 00:06 WIB

Wujudkan Wilayah Layak Anak, Bupati Ajak Anak Berdialog

Blitar.deliknews – Pemkab Blitar Terus berkomitmen, untuk mewujudkan wilayah Layak Anak. Salah satunya, dengan melibatkan anak dalam hal urun rembug terkait rencana program pembangunan. Adapun Bukti terus berkomitmen, Jumat (5/4/2019) Pemkab Blitar menggelar dialog anak 2019, di Pendopo Ronggo Hadinegoro

Kegiatan tersebut, diikuti ratusan anak dari berbagai instansi. Dialog anak ini, dipimpin langsung oleh Bupati Rijanto dan didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Blitar Ny Ninik Rijanto, Kepala BNNK Blitar AKBP Agustianto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Kabupaten Kota Blitar Trisilo Budi, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati Rijanto mengatakan, beberapa tahun terakhir ini Pemkab Blitar, berhasil meraih predikat Kabupaten Layak Anak. Hal ini merupakan wujud nyata Kabupaten Blitar untuk mewujudkan sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Kegiatan ini merupakan komitmen dari Pemkab Blitar, terkait Kabupaten Layak Anak (KLA),” ungkapnya.

Dialog anak, diikuti oleh 250 anak, yang berasal dari berbagai instansi dan satuan pendidikan, mereka antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan menyampaikan aspirasinya kepada Bupati Blitar.

Selain siswa, SD/MI, SMP Sederajat dan SMA/SMK, kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak penyandang disabilitas. Dalam kesempatan yang sama beberapa anak menyampaikan permohonanya terkait fasilitas, dan keluhan lainya.

“Banyak aspirasi yang mereka sampaikan, mulai dari permintaan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pelajar dan penyandang tuna rungu, serta fasilitas tempat belajar dan bermain, serta lainnya,” jelasnya.

Dalam sambutanya, orang nomor satu di lingkup Pemkab Blitar, menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya menjamin dan melindungi hak anak. Menurut dia, perlindungan hak anak merupakan kewajiban dari Pemerintah. Dia mengaku bangga kepada peserta yang memiliki keberanian, untuk menyampaikan aspirasi dan apresiasi.

“Hal ini jarang dimiliki oleh kebanyakan anak pada umumnya, jadi saya sangat mengapresiasi mereka,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa Pemkab Blitar terus berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas serta sarana prasarana (sarpras), hal ini dilakukan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak 2019.

Lanjut dia, semua aspirasi yang disampaikan pada dialog anak, akan segera ditindaklanjuti. Bahkan, pihaknya berjanji segera menginstruksikan kepada instansi terkait untuk senantiasa memperhatikan dan memprioritaskan kebutuhan anak.

“Saya berharap, salah satu diantara peserta yang hadir dalam dialog anak kali ini, kelak bisa pemimpin baik di tingkat Kabupaten maupun Pusat,” harapnya. (hms)

Artikel ini telah dibaca 8161 kali

loading...
Baca Lainnya

Komitmen SIG Hadapi Pandemic Covid-19 Dan Menyiapkan Program CSR

Tuban – sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik...

19 Mei 2020, 17:38 WIB

6 Kasus Confirmasi Positif Baru, 5 Dari Cluster Tambakboyo

Tuban – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan enam kasus konfirmasi...

17 Mei 2020, 22:47 WIB

Bersama Kader PKB Dan Relawan, Ratna Juwita Sari Bagikan 25 Ton Beras Dan Paker Sembako

Tuban – Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda- tanda untuk berakhir, membuat Anggota...

14 Mei 2020, 18:59 WIB

Bantu Tangani Covid-19, SIG Salurkan Bantuan Alkes dan APD di Bondowoso dan Situbondo

Jakarta – Pemerintah terus melakukan langkah intensif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan...

13 Mei 2020, 05:29 WIB

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan...

8 Mei 2020, 03:33 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19 di Gresik dan Lamongan, SIG Serahkan Bantuan Alkes dan APD Senilai Rp750 Juta

Gresik – Sebagai bentuk peran serta dalam penanggulangan Covid-19, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)...

7 Mei 2020, 15:48 WIB

loading...