Kamis, 6 September 2018 - 21:11 WIB

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Dillem wilis, Wujud Destinasi Wisata Agro

Trenggalek – Upaya Pemerintah melalui Kementrian Pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani yang berorientasi pengembangan produktivitas pertanian hulu sampai hilir, salah satunya sedang di bangunya Taman Technologi Pertanian ( TTP ) di desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.

TTP Dilem wilis namanya, ini mempuyai lahan seluas 20 hektar merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat, sebagai basis pusat penerapan teknologi di bidang pertanian, seperti perkebunan dan peternakan mulai dari sub sistem hulu sampai hilir.

“ kawasan ini di bangun seluas 20 ha dari 200 ha milik UPTD Taman Sains Dan Teknologi Pertanian Trenggalek yang di kelola, yang mana sebelumya tanah milik perkebunan “, tutur Imam Nurhadi Kasubag Perencanaan Dan Evaluasi Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Trenggalek, saat di temui deliknews di kantornya Kamis (6/9/18).

Adanya TTP ini secara umum sama-sama dirancang untuk menjadi model kawasan mandiri dan terintegrasi, selain itu juga ditargetkan bisa menjadi lokasi objek wisata baru, sehingga diharapkan ke depan bisa mandiri serta dapat mengeksplorasi potensi yang ada di sekitar kawasan untuk mendukung perekonomian.

Di tambah lagi, untuk memaksimalkan sinergi antara produksi pertanian dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Mulanya dikembangkan pertanian kopi dan jeruk serta peternakan sapi menjadi cikal bakal destinasi wisata agro yang berada kususnya di Kecamatan Bendungan ini.

Foto: bantuan bibit jeruk yang di peroleh dari pusat

Foto : kadang sapi perah yang berada di TTP Dillem Wilis

“ karena saat ini sudah ada embrionya, langkah awal kita pada sektor pertenakan adalah pengembangan sapi perah dan sektor perkebunan adalah kopi dan jeruk dari bantuan Pemerintah Pusat. Sedangkan hasil dari pengolahan itu sementara masih digunakan untuk biaya H.O.K pekerja lepas sebagai penunjang kegiatan pengembangan, yang dikelola oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian ( BPTP ) Jawa Timur “, terang Imam.

Dia memerinci, nantinya peternakan sapi akan diambil kotorannya untuk menjadi pupuk pada pertanian kopi dan jeruk. Kemudian, dari unsur pariwisata, wisatawan akan dilibatkan langsung pada aktivitas petik buah. Selain itu, dibuatkan juga jalur trekking hingga pengalaman memetik hasil pertanian. “Nantinya, teknologi yang diterapkan masih dipikirkan karena ini masih tahap perencanaan,” tegasnya.

Perlu diketahui, harapan ke depan dibangunnya TTP ini sebuah konsep yang berlatar pertanian untuk pengembangan kawasan secara holistik dan terpadu antara unsur pendidikan, pusat pembelajaran, bisnis pertanian serta wisata agro.

” Yang perlu ditambahkan nantinya TTP diharapkan menjadi inti plasma dari perkebunan kopi di bendungan…. yang bisa membina masyarakat tentang budidaya kopi yang benar dan membudidayakan petik merah sehingga mempunyai hasil dan mutu kopi yang bagus serta diharapkan bisa menampung produksi masyarakat dengan harga yang lebih baik dan bisa memasarkan produk kopi trenggalek..” tutupnya

Artikel ini telah dibaca 670 kali

loading...
Baca Lainnya

Tekan Angka Kecelakaan, KAI Daop 8 Surabaya Sosialisasikan Keselamatan Perlintasan Kereta Api

Surabaya – Untuk menekan dan mengurangi angka kecelakaan di perlintasan yang masih sering terjadi setiap...

17 September 2019, 21:22 WIB

Sidang UU ITE Terkait Tudingan Korupsi Pegawai PT PELNI, Keterangan Saksi Memberatkan Terdakwa

SURABAYA – Sidang kasus vlog yang berisi kecaman terhadap pegawai PT.PELNI kembali digelar. Terdakwa Marita...

17 September 2019, 18:48 WIB

Pemkot Blitar Launching Uji Kir Berbasis IT

Blitar.deliknews – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perhubungan Kota Blitar melaunching layanan uji kendaraan bermotor...

17 September 2019, 13:48 WIB

Kabupaten Blitar Raih Penghargaan WTN 2019, Wabup Marhaenis Tingkatkan Kinerja

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten Blitar meraih penghargaan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Gubenur Jawa...

17 September 2019, 13:05 WIB

Pokmaswas Tuban Mengukuhkan Pokdarwis “Bhakti Mandiri” 

  Tuban – Malam 15 Suro di pantai Dwi Pakai BH Glondonggede Pokmaswas kabupaten Tuban...

16 September 2019, 21:05 WIB

Karnaval SCTV, Bupati Blitar Sapa Pedagang Asongan Dan Gerobak

Blitar.deliknews – Karnaval SCTV yang digelar mulai Sabtu (14/9’2019) – Minggu (15/9/2019) banyak menyedot perhatian...

15 September 2019, 23:55 WIB

loading...